Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Asahan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Kemungkinan Jurusan Kelapa Sawit yang Bisa Ditiru Kalimantan Tengah

  • Oleh Testi Priscilla
  • 30 November 2023 - 19:51 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ada 14 lembaga pendidikan di seluruh Indonesia yang memiliki Program Studi berkaitan dengan kelapa sawit sehingga berhak menyalurkan beasiswa dari Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit atau BPDPKS, namun tidak ada yang berasal dari Kalimantan Tengah.

"Kalau di Kalimantan Tengah mau membuat Prodi berkaitan Kelapa Sawit bisa tiru jurusan yang sudah ada," kata Kepala Divisi Program Pelayanan pada Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit atau BPDPKS, Arfie Thahar kepada Borneonews pada Kamis, 30 November 2023.

Jurusan khusus kelapa sawit yang sudah ada menurut Arfie ada 14 kompetensi mulai dari jurusan Pemuliaan Kelapa Sawit, Budidaya Kelapa Sawit, Pemeliharaan Perkebunan Kelapa Sawit sampai Teknologi Pengolahan Kelapa Sawit.

"Sampai dengan Teknologi Kimia, itu kan lebih hilir lagi ya itu juga bisa kami danai selama dia itu adalah teknologi terkait kelapa sawit," bebernya.

Karena itu Arfie mendorong agar Kalteng yang memiliki perkebunan kelapa sawit cukup luas ini juga bisa memiliki setidaknya satu prodi di setiap daerah.

"Memang mungkin ada kendala untuk pembuatan Prodi, namun kami mendorong setiap wilayah itu setidaknya punya satu. Paling tidak mahasiswa yang berasal dari Kalimantan tidak harus kuliahnya misalnya ke Jawa atau Sumatera dulu yang punya Prodi Kelapa Sawit," tuturnya.(TESTI PRISCILLA)


TAGS:

Berita Terbaru