Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Halmahera Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPDPKS Dorong Satu Daerah Satu Prodi Kelapa Sawit

  • Oleh Testi Priscilla
  • 30 November 2023 - 18:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit atau BPDPKS mendorong agar setidaknya satu daerah di Indonesia memiliki satu Program Studi atau Prodi terkait Kelapa Sawit. Mengingat potensi dan pemasukan negara yang dihasilkan dari kelapa sawit, sayang jika generasi muda tidak mempelajari dan berkarir di bidang tersebut.

"Kami mendorong supaya setiap wilayah itu punya sekolah-sekolah yang bekerjasama dengan BPDPKS yang syaratnya tadi itu harus punya Prodi Kelapa Sawit atau paling tidak di dalam silabusnya itu 60 persen lebihnya adalah tentang pembelajaran kelapa sawit," kata Kepala Divisi Program Pelayanan pada BPDPKS, Arfie Thahar kepada Borneonews pada Kamis, 30 November 2023.

Arfie menjelaskan ada 14 perguruan tinggi yang telah bekerjasama dengan BPDPKS terkait penyaluran beasiswa ini.

"Ada 14 perguruan tinggi yang saya sebutkan tadi itu ada di Pulau Sumatera dan Pulau Jawa. Di Kalimantan belum ada. Bahkan di Kalimantan secara keseluruhan pun belum ada, termasuk Kalimantan Tengah," bebernya.

Jurusan khusus yang sudah ada namun masih mungkin untuk dibuka di daerah lainnya, lanjut Arfie, ada 14 kompetensi mulai dari jurusan Pemuliaan Kelapa Sawit, Budidaya Kelapa Sawit, Pemeliharaan Perkebunan Kelapa Sawit sampai Teknologi Pengolahan Kelapa Sawit.

"Sampai dengan Teknologi Kimia itu kan lebih hilir lagi ya itu juga bisa kami danai selama dia itu adalah teknologi terkait kelapa sawit," katanya.(TESTI PRISCILLA)


TAGS:

Berita Terbaru