Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Ngada Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tenaga Kesehatan Tingkat FKTP dan RSUD Ikuti OJT Pelayanan Kesehatan Ibu dan Bayi

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 30 November 2023 - 17:11 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Tenaga kesehatan yang terdiri dari dokter, perawat dan bidan tingkat Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) bersama rumah sakit ikuti kegiatan On Job Training (OJT) terkait pelayanan kesehatan ibu dan bayi atau kegawatdaruratan maternal dan neonatal, bertempat di RSUD Kapuas.

Kegiatan dibuka Kepala Bidang Kesmas Dinas Kesehatan Kapuas, Martono, didampingi jajaran Tim Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas, dan dihadiri Kabid Pelayanan Medik dr. Jum'atil Fajar, beserta jajaran Manajemen RSUD setempat.

Peserta yang mengikuti kegiatan OJT ini berjumlah 26 orang terdiri dari dokter, perawat, dan bidan FKTP atau Puskesmas di Kabupaten Kapuas yang berhubungan dengan Pelayanan Kesehatan Ibu dan Bayi (Kegawatdaruratan Maternal dan Neonatal).

Martono menjelaskan, kegiatan ini sebagai upaya meningkatkan kapasitas SDM yang terdiri dari dokter umum, bidan, dan perawat di FKTP dalam pelayanan kesehatan ibu dan bayi.

"Sehingga Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas memfasilitasi pembelajaran keterampilan ini khususnya terkait kegawatdaruratan maternal dan neonatal dalam bentuk OJT," katanya, Kamis, 30 November 2023.

Diharapkannya dengan adanya OJT kegawatdaruratan maternal dan neonatal ini, Tim Kesehatan yang terdiri dari dokter, bidan, dan perawat dari FKTP yang mengikuti kegiatan selama beberapa hari, dapat menambah ilmu pengetahuan dan keterampilannya.

"Serta mampu kompeten dalam menangani kegawatdaruratan maternal dan neonatal apabila ada pasien yang memerlukan pelayanan kesehatan di instansi FKTP tempatnya bekerja," jelasnya. (DODI/R)


TAGS:

Berita Terbaru