Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Solok Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

APDESI Barito Timur Gelar Musyawarah Cabang I

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 30 November 2023 - 17:00 WIB

BORNEONEWS,  Tamiang Layang - Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia atau APDESI Cabang Kabupaten Barito Timur menggelar Musyawarah Cabang atau Muscab I di tempat wisata Luaw Banse Desa Jaweten, Kamis, 30 November 2023.

Acara yang dihadiri para kepala desa se-Barito Timur itu dibuka oleh Sekretaris Daerah Panahan Moetar yang ditandai dengan pemukulan gong. Turut hadir Ketua dan Sekretaris DPD APDESI Kalteng, Ketua DPRD Barito Timur, Kasi Intel Kejari Barito Timur, Kapolsek Dusun Timur dan tamu undangan lainnya.

Ketua Panitia Muscab APDESI Barito Timur Marinus menjelaskan, Muscab itu dilaksanakan dengan harapan agar dapat tersusun program kerja yang baik untuk keselarasan program dengan pemerintah pusat, daerah hingga ke tingkat desa

"Jadi keselarasan ini dalam hal kepala desa bahu-membahu untuk menjalankan kebijakan terutama yang terkait dengan masalah batas desa," ujarnya.

Berikutnya, papar Marinus, dengan terbentuknya pengurus cabang, APDESI akan menjadi wadah untuk menjalin komunikasi dan saling bersinergi antara pemerintah desa dengan pemerintah daerah, DPRD dan seluruh elemen masyarakat.

"Di APDESI bukan cuma kepala desa yang bergabung tapi juga BPD (Badan Permusyawaratan Desa) dapat bergabung untuk sama-sama membangun dari desa," terangnya.

Saat diwawancarai usai membuka Muscab tersebut, Sekretaris Daerah Barito Timur Panahan Moetar menyampaikan harapannya agar Muscab itu menghasilkan keputusan yang baik untuk untuk kemajuan desa-desa di Barito Timur.

Dia menambahkan, setelah terbentuk APDESI Cabang Barito Timur yang baru, tugas pertama yang harus dilakukan adalah berkoordinasi dengan semua kepala desa dan membangun hubungan komunikasi pembangunan yang bersinergi antar desa.

"Yang kedua mereka tetap fokus kepada anggaran desa untuk mereka melakukan kegiatan-kegiatan yang terkoordinasi antar desa," lanjutnya.

Menurut Panahan, APDESI di tingkat kabupaten juga dapat membantu mengusulkan program pembangunan di desa yang menjadi kewenangan pemerintah kabupaten.

Berita Terbaru