Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kepulauan Meranti Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Kotim: Sekda Miliki Peran Strategis Bantu Kepala Daerah

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 30 November 2023 - 18:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) Halikinnor mengatakan Sekretaris Daerah memilikiperan strategis untuk membantu kepala daerah.

"Sekretaris Daerah merupakan pimpinan sekretariat daerah yang berkedudukan dibawah dan bertanggung jawab kepada Gubernur, Bupati/Wali Kota serta sebagai pimpinan eksekutif tertinggi dalam menjalankan peran strategis pemerintah daerah," kata Halikinnor, Kamis, 30 November 2023.

Dia mengatakannya saat membuka rapat koordinasi forum Sekretaris Daerah Seluruh Indonesia (Forsesdasi) Kalimantan Tengah (Kalteng) 2023 du Aula Rumah Jabatan Bupati Kotim.

Forsesdasi adalah wadah yang dibentuk oleh para sekretaris daerah yang bertujuan untuk saling membantu, dan bersatupadu serta dapat berpartisipasi dalam penyelenggaraan pemerintahan nasional pada umumnya dan penyelenggaraan pemerintah daerah pada khususnya dalam ikatan negara kesatuan republik indonesia.

"Sekretaris daerah harus mampu berperan sebagai kordinator, regulator, fasilitator, evaluator serta inspirator maupun motivator dalam memimpin sekretariat daerah," ujarnya.

Halikin berharap, rapat tersebut merumuskan berbagai kebijakan yang pemerintah daerah khususnya kabupaten/kota. Sekretaris daerah juga diharapkan mampu mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan dari pemerintahan maupun tantangan dan kesempatan dari kondisi di luar pemerintahan. Sehingga penyelenggaraan pemerintahan bisa beradaptasi dengan isu-isu aktual dan perkembangan zaman.

"Forsesdasi ini merupakan tempat yang tepat untuk bertukar pikiran mengenai isu-isu aktual tersebut agar dapat membuat arah kebijakan pemerintahan yang baik serta mampu membina aparatur sipil negara agar menjadi produktif dan kreatif," imbuhnya. (DEWI PATMALASARI/j)

Berita Terbaru