Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bengkulu Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemberantasan Sarang Nyamuk Upaya Penting Mencegah Demam Berdarah

  • Oleh Wahyu Krida
  • 30 November 2023 - 18:50 WIB

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kobar Achmad Rois 

======

Pemberantasan Sarang Nyamuk Upaya Penting Mencegah Demam Berdarah Dengue Dilingkungan  Masyarakat

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Salah satu upaya penting untuk mencegah berkembangnya wabah demam berdarah dengue di lingkungan tempat tinggal adalah pemberantasan jentik nyamuk.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kotawaringin Barat (Kobar) Achmad Rois, Kamis, 30 November 2023 menjelaskan karena dengan meniadakan tempat nyamuk untuk berkembang biak, maka pengendalian demam berdarah dilingkungan dapat dilakukan secara optimal.

"Kasus demam berdarah yang terjadi merupakan siklus waktu periodik yang selalu berulang. Salah satu faktor penyebab adalah cuaca. Contohnya di musim penghujan, banyak air hujan yang tergenang diberbagai wadah atau kaleng bekas di sekitar lingkungan yang menjadi tempat nyamuk bersarang," jelas Achmad Rois.

Menurut Achmad Rois, bila ada yang berpikir upaya utama untuk memberantas demam berdarah adalah dengan cara fogging atau penyemprotan saja, maka cara tersebut masih kurang efektif.

"Lantaran nyamuk Aedes Aegypti adalah vektor atau pembawa virus dengue dan ditularkan pada manusia melalui sengatan. Sehingga kegiatan fogging hanya 30 persen dari upaya pengendalian berkembangnya penyakit tersebut," jelas Achmad Rois.

Agar pengendalian menjadi maksimal, selain melakukan fogging untuk mematikan nyamuk pembawa virus dengue, maka pemberantasan sarang nyamuk juga berperan sangat penting.

"Selain itu upaya penguatan tata laksana layanan kesehatan seperri rumah sakit dan puskesmas juga sangat penting kami siapkan untuk segera menemukan dan segera merawat dan menyembuhkan orang yang terpapar virus dengue," jelas Achmad Rois. (WAHYU KRIDA/j)

Berita Terbaru