Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tanjung Jabung Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ketua TP-PKK Barito Timur Pimpin Pemberian Makanan Tambahan Balita di Pematang Karau

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 01 Desember 2023 - 05:00 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Pj Ketua TP-PKK Kabupaten Barito Timur, Melly Novita Indra Gunawan memimpin pemberian bantuan makanan tambahan kepada balita untuk percepatan penurunan stunting di Kecamatan Pematang Karau, Kamis, 30 November 2023.

Bantuan makanan tambahan yang disalurkan TP-PKK Barito Timur berupa telur, susu dan biskuit. Sedangkan bantuan dari pemerintah kecamatan berupa telur dan susu.

Melly Novita dalam sambutannya sebelum memulai kegiatan tersebut mengatakan, stunting merupakan masalah serius yang menjadi perhatian bersama, terutama dalam hal pertumbuhan dan perkembangan anak-anak.

"Pemenuhan gizi yang optimal pada masa pertumbuhan anak sangatlah penting, karena di masa-masa inilah terbentuknya pondasi dasar bagi kualitas kehidupan mereka di masa depan," ucapnya.

Melly mengatakan, sesuai dengan amanat Presiden Joko Widodo dan penyampaian Ketua TP PKK Provinsi Kalimantan Tengah Ivo Sugianto Sabran, percepatan pencegahan dan penanggulangan stunting ini memang harus menjadi titik berat dalam    mempersiapkan bangs menghadapi bonus demografi   atau Indonesia Emas 2045.

"Karena jangan sampai pada saat tiba waktunya di bonus demografi   nanti, kita akan mendapat generasi muda yang rendah dari segi intelektual," katanya.

Menurut Melly,  pemberian makanan tambahan merupakan wujud nyata komitmen pemerintah untuk memberikan solusi konkrit terhadap permasalahan stunting yang masih menjadi tantangan bersama.

"Tentunya kita semua menyadari bahwa upaya penurunan stunting ini memerlukan kerja sama lintas sektor dan partisipasi aktif dari seluruh lapisan masyarakat" 

"Melalui program ini, kita tidak hanya memberikan makanan tambahan, tetapi juga memberikan pendampingan dan edukasi kepada ibu-ibu tentang pentingnya pola makan seimbang dan gizi yang baik untuk pertumbuhan anak-anak kita," terangnya.

Ketua TP PKK menjelaskan, keberhasilan program itu tidak hanya terletak pada jumlah makanan yang diberikan, tetapi juga pada pemahaman ibu-ibu tentang pentingnya peran mereka dalam menciptakan lingkungan yang mendukung tumbuh kembang anak-anak secara optimal.

"Saya berharap program-program percepatan penurunan stunting ini dapat berjalan optimal di Kecamatan Pematang Karau, khususnya program-program dari Pokja IV PKK kecamatan untuk melakukan pendekatan holistik dengan sosialisasi dan pelatihan kepada ibu-ibu tentang pentingnya pola makan seimbang, pencegahan stunting, perawatan anak yang baik serta terlaksananya pemantauan secara berkala terhadap pertumbuhan anak-anak dan memberikan pendampingan kepada keluarga yang membutuhkan," lanjutnya.

Berdasarkan data prevalensi stunting hasil Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) tahun 2023, Barito Timur masih berada di angka 22,85 persen, sedangkan target nasional di tahun 2024 berada pada persentase 14 persen.

Turut hadir pada kegiatan penyaluran makanan tambahan tersebut Camat Pematang Karau Setia Murni, perwakilan DPMDSos, dinas kesehatan, koordinator PPLKB, kader posyandu, para kades dan seluruh Ketua TP-PKK desa se-Kecamatan Pematang Karau. (BOLE MALO/Y) 

Berita Terbaru