Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Ketapang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gubernur Kalteng Serahkan DIPA Anggaran 2024

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 01 Desember 2023 - 16:31 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) tahun anggaran 2024.

Penyerahan DIPA dirangkai dengan pemberian Alokasi Transfer Ke Daerah (TKD) tahun anggaran 2024 di Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Kalteng.

“Kegiatan ini merupakan langkah cepat Pemprov Kalteng bekerja sama dengan Kanwil Ditjen Perbendaharaan,” ungkap Sugianto dalam keterangannya, di Istana Isen Mulang, Jumat, 1 Desember 2023.

Sebagai informasi DIPA adalah dokumen pelaksanaan anggaran yang disusun oleh Pengguna Anggaran/Kuasa Pengguna Anggaran.

DIPA disahkan oleh Direktur Jenderal Perbendaharaan atau Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan atas nama Menteri Keuangan selaku Bendaharawan Umum Negara (BUN).

Daftar isian pelaksanaan anggaran berlaku untuk satu tahun Anggaran dan informasi satuan-satuan terukur yang berfungsi sebagai dasar pelaksanaan kegiatan dan penggunaan anggaran.

Di samping itu DIPA dapat dimanfaatkan sebagai alat pengendali, pelaksanaan, pelaporan, pengawasan, dan sekaligus merupakan perangkat akuntansi pemerintah.

Pagu dalam DIPA merupakan batas pengeluaran tertinggi yang tidak boleh dilampaui dan pelaksanaannya harus dapat dipertanggungjawabkan. (HERMAWAN DP/R)


TAGS:

Berita Terbaru