Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sumba Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Edy Yusuf Ingatkan Pencegahan Dini Hindari Konflik

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 01 Desember 2023 - 18:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Kepala Bidang Kewaspadaan Nasional dan Penanganan Konflik Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kalteng, Edy Yusuf mengingatkan pentingnya pencegahan dini dalam hindari konflik.

“Pencegahan Dini adalah salah satu langkah yang harus dilakukan untuk menghindari terjadinya konflik,” ungkapnya saat Rapat Koordinasi Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) di Aula Disnakertrans Kalteng, Kamis, 30 November 2023.

Terutama untuk daerah rawan konflik. Di wilayah tersebut data dan informasi dianggap cukup krusial untuk menentukan langkah mencegah konflik.

“Tugas FKDM bersama pemerintah daerah untuk melakukan pengawasan di wilayah masing-masing," ujar Edy Yusuf.

Ia mengingatkan adanya Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 46 Tahun 2019 tentang Perubahan atas peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 2 Tahun 2018 tentang Kewaspadaan Dini di Daerah.

Pelaksanaan rakor FKDM dimaksud untuk meningkatkan pemahaman terkait aturan tersebut, sekaligus meningkatkan koordinasi serta sinergisitas anggota dan pengurus FKDM.

Rakor menjadi ajang meningkatkan pemahaman tentang tugas dan fungsi yang dilakukan FKDM, membahas isu aktual yang terjadi di daerah Kabupaten/Kota Provinsi Kalteng.

“Sekaligus mencari solusi dalam penanganan konflik yang sedang terjadi dan melakukan pencegahan potensi konflik,” ujarnya. (HERMAWAN DP/R)


TAGS:

Berita Terbaru