Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bangka Tengah Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Potensi Konflik Sosial Dapat Pengaruhi Pemilu dan Pilkada

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 01 Desember 2023 - 20:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Bidang Kewaspadaan Nasional dan Penanganan Konflik Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kalteng, Edy Yusuf menegaskan bahaya konflik sosial.

Ia menilai potensi konflik sosial yang terjadi dapat mempengaruhi jalannya Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024.

“(Baik itu) konflik agraria, konflik perkebunan dan konflik SARA yang dapat menjadi gangguan Kamtibmas saat Pemilu dan Pilkada,” ungkap Kepala Bidang Kewaspadaan Nasional dan Penanganan Konflik Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kalteng, Edy Yusuf saat Rapat Koordinasi Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) di Aula Disnakertrans Kalteng, Kamis, 30 November 2023.

Edy mengingatkan peran forum kewaspadaan dini masyarakat dalam membahas isu aktual yang terjadi di daerah kabupaten/kota Provinsi Kalteng.

Sekaligus menjadi forum mencari solusi dalam penanganan konflik yang sedang terjadi dan melakukan pencegahan potensi konflik.

“Tugas FKDM bersama pemerintah daerah untuk melakukan pengawasan di wilayah masing-masing," ujar Edy Yusuf. (HERMAWAN DP/R)


TAGS:

Berita Terbaru