Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Konawe Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinkes Kalteng Siapkan Dua Rumah Sakit Jiwa untuk Caleg

  • Oleh Marini
  • 01 Desember 2023 - 14:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kalteng menyiapkan dua rumah sakit untuk calon legislatif atau Caleg yang memerlukan pemeriksaan kesehatan jiwa. Kedua rumah sakit itu, yakni RSUD Dr Doris Sylvanus Palangka Raya dan RSJ Kalawa Atei Palangka Raya.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalteng Suyuti Syamsul mengatakan, bagi Caleg yang ingin datang dipersilakan untuk pemeriksaan kejiwaan maupun kesehatan umum lainnya.

"Jadi, bagi para caleg bisa datang langsung ke salah satu dari dua tempat tersebut. Ikuti proses prosedur rumah sakit, bisa cek kesehatan maupun kejiwaannya. Pokoknya sudah kami persiapkan," tuturnya, Jumat, 1 Desember 2023.

Ia juga menambahkan, kapasitas pasien diatur per hari sebanyak kurang lebih 200 atau 300 orang. Kesiapan ini juga sebagai fasilitas rumah sakit untuk antisipasi caleg yang mengalami gangguan jiwa ataupun kesehatan umum lainnya.

Ia mencontohkan, beragam penyakit gangguan jiwa atau mental disorder yang dialami, biasanya seseorang mengalami gangguan jiwa secara bertahap, dimulai dari anxiety atau kecemasan hingga depresi.

"Lantaran gagal dalam pemilihan bisa mengakibatkan gangguan kesehatan maupun kejiwaan," tandasnya. (MARINI/j)

Berita Terbaru