Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Malang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Kotim Segera Rotasi dan Mutasi Pejabat Eselon II

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 01 Desember 2023 - 23:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Setelah melantik pejabat eselon III, eselon IV dan pejabat fungsional, Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) Halikinnor segera merotasi dan mutasi pejabat eselon II

"Eselon II dalam waktu dekat Insya Allah tahun ini juga. Karena ada organisasi perangkat daerah (OPD) yang dimerdekakan dan ada yang digabungkan," kata Halikinnor, Jumat, 1 Desember 2023.

Dia mengatakannya setelah melantik pejabat eselon III, eselon IV dan pejabat fungsional di Gedung Serba Guna Sampit.

Lanjutnya, pelantikan kali ini belum mengoperasionalkan OPD baru hasil penggabungan atau pemekaran karena dpa nya baru akan tersedia di januari 2024.

Sehingga nantinya akan dilaksanakan lagi pelantikan untuk pengukuhan operasional OPD yang baru. 

"Rotasi, mutasi dan promosi sejumlah OPD ada yang melalui lelang jabatan untuk memilih yang memiliki kompetensi," imbuhnya.

Diketahui, perubahan susunan satuan organisasi perangkat daerah (SOPD) karena terbentuknya Peraturan Daerah Kabupaten Kotim tentang perubahan ketiga atas Peraturan Daerah Kabupaten Kotim Nomor 9 tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah.

Pemkab Kotim menggabungkan Dinas Koperasi dan UKM dengan Dinas Perdagangan dan Perindustrian sementara Dinas Pertanian digabung dengan Dinas Ketahanan Pangan.

Penggabungan OPD tersebut karena masing-masing memiliki tugas pokok dan fungsi (tupoksi) yang hampir sama. Agar terwujud susunan perangkat daerah yang miskin struktur tapi kaya fungsi.

Sementara itu, Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan Rakyat Dan Kawasan Permukiman (DPUPRPRKP) akan dipecah menjadi 2 OPD yaitu Dinas Cipta Karya, Tata ruang dan Pertanahan serta Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga, Bina Konstruksi, Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman. Pemecahan DPUPRPRKP tersebut karena beban kerjan besar dalam 1 OPD. (DEWI PATMALASARI/Y)

Berita Terbaru