Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Way Kanan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinkes Kalteng Upayakan Transformasi Sistem Ketahanan Kesehatan

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 02 Desember 2023 - 03:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kalteng berupaya melakukan transformasi sistem ketahanan kesehatan.

“Dinkes Kalteng saat ini sedang melakukan transformasi dalam upaya penanggulangan bencana/krisis yang berpedoman pada salah satu pilar sistem kesehatan yaitu pilar ketiga berupa Sistem Ketahanan Kesehatan,” ungkap Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Eddy Kelana saat mewakili Kepala Dinkes Kalteng, Suyuti Syamsul dalam keterangannya, Jumat, 1 Desember 2023.

Eddy Kelana menyampaikan tujuan transformasi adalah untuk menciptakan sistem ketahanan kesehatan yang kuat dan tangguh.

“(Mulai) dalam melakukan mitigasi, kesiapsiagaan dan respon kesehatan pada penanggulangan bencana, baik di tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi dan Nasional,” tegasnya.

Sasaran strategis untuk penguatan sistem penanganan bencana dan kedaruratan kesehatan adalah penyiapan dasar hukum, kelembagaan, sarana dan prasarana pendukung serta logistik.

Namun perlu diakui, pilar utama yang sangat penting dalam penguatan sistem adalah penyiapan sumber daya manusia yang kompeten.

"Pemerintah mendorong kesiapsiagaan menghadapi krisis kesehatan melalui pengembangan Tenaga Cadangan Kesehatan (TCK),” ungkapnya.

Baik tenaga kesehatan maupun non kesehatan, disiapkan dan dibina pada masa pra krisis kesehatan dan siap dimobilisasi pada situasi darurat krisis kesehatan," tambahnya. (HERMAWAN DP/Y)

Berita Terbaru