Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Gowa Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

TPHP Kalteng Tingkatkan Pengembangan Beras IR-42

  • Oleh Marini
  • 02 Desember 2023 - 14:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemenuhan padi di wilayah Kalteng terus dilakukan, terutama untuk menunjang ketersediaan ketahanan pangan komoditas beras bagi daerah. 

Hal inilah dilaksanakan oleh Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan (TPHP) Provinsi Kalteng. Pihaknya terus berupaya dalam peningkatan produksi pangan melalui pengembangan beras IR-42 seluas 400 Ha, dengan produktivitas yang mencapai 5,5 Ton/Ha. 

"Optimalisasi jumlah produksi menggunakan padi varietas IR-42 melalui pemanfaatan teknik budidaya jarwo dan dekomposer MA- 11 (organik)," kata Kepala Dinas TPHP Provinsi Kalteng Sunarti, Sabtu, 2 Desember 2023.

Pihaknya melanjutkan perjanjian kerja sama antar daerah (MoU KAD IR-42) yang telah dilakukan sejak tahun 2022 dan memperluas distribusi padi IR-42 di Kalteng.

"Lokasi tanam varietas ini cocok di Kabupaten Pulang Pisau dan Kapuas. Varietas IR-42 merupakan varietas unggul baru yang berumur pendek dengan produktivitas cukup tinggi, yakni 4-5 ton/Ha," jelasnya.

Ia juga menambahkan, varietas ini menjadi substitusi beras Pera/Karau dari varietas unggul lokal yang memiliki umur produksi cukup panjang mencapai 4-6 bulan. (MARINI/H)

Berita Terbaru