Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sumbawa Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Beras Jadi Penyumbang Inflasi, Wagub Kalteng Sampaikan Padi IR-42 Solusinya

  • Oleh Marini
  • 02 Desember 2023 - 15:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Saat ini komoditas beras salah satu penyumbang inflasi wilayah Kalteng, terutama jenis pera dan karau, sebagai langkah menangani hal tersebut maka Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng melaksanakan pemilihan bibit padi.

Hal demikian diutarakan oleh Wakil Gubernur (Wagub) Kalteng Edy Pratowo, penanaman varietas padi dengan memilih yang unggul seperti IR-42 jenis Pera dan Karau, merupakan rekomendasi Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Kalteng.

"Ini juga dalam rangka menangani inflasi daerah yang salah satunya dipicu oleh harga Beras Pera/Karau yang mahal," tuturnya, Sabtu, 2 Desember 2023.

Ia juga mengungkapkan, upaya ini sendiri telah dilakukan sejak akhir tahun 2022 sampai tahun 2023.

Ia juga memberitahukan, berdasarkan data yang disampaikan Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Pulang Pisau produksi jenis padi di kabupaten tersebut mengalami peningkatan dari tahun 2020 sampai dengan tahun 2023.

"Hal ini juga seiring peningkatan luas lahan pertanian, peningkatan ini sejak Program Food Estate mulai dikembangkan, terutama di Kabupaten Pulang Pisau," tandasnya. (MARINI/H)

Berita Terbaru