Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Konawe Kepulauan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemangkasan Pohon Rawan Tumbang untuk Lindungi Warga dari Bahaya

  • Oleh Hendri
  • 03 Desember 2023 - 14:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dalam menghadapi cuaca ekstrem yang sering disertai hujan deras dan angin kencang, petugas dari Dinas Lingkungan Hidup dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Palangka Raya bergerak cepat.

Mereka melakukan pemangkasan terhadap pohon rawan tumbang di Jalan Wahidin Sudiro sebagai langkah pencegahan untuk melindungi warga dari bahaya yang dapat ditimbulkan.

Plt Kepala BPBD, Berlianto, menjelaskan pemangkasan ini merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam menjaga keselamatan warga dari musibah pohon tumbang.

"Dalam kondisi cuaca yang tidak menentu, pohon-pohon yang tidak kuat dapat menjadi ancaman serius bagi keamanan masyarakat," katanya, Minggu, 3 Desember 2023.

Pada operasi pemangkasan ini, petugas dari Dinas Lingkungan Hidup dan BPBD bekerja sama dengan hati-hati dan teliti.

Mereka menggunakan peralatan khusus dan teknik pemangkasan yang aman untuk menghindari kerusakan yang tidak diinginkan. Setiap pohon yang diidentifikasi sebagai rawan tumbang diperiksa dengan seksama sebelum dipangkas.


Berlianto menekankan pentingnya langkah pencegahan ini, terutama mengingat cuaca yang tidak stabil akhir-akhir ini.

"Dengan melakukan pemangkasan secara rutin, risiko terjadinya pohon tumbang dapat dikurangi secara signifikan. Hal ini akan memberikan rasa aman dan perlindungan bagi warga," ujarnya.

Selain itu, Berlianto juga mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada dan melaporkan jika ada pohon yang terlihat tidak stabil atau berpotensi tumbang.

"Kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat sangat penting dalam menjaga keamanan dan keselamatan bersama," pungkasnya.  (HENDRI/Y)

Berita Terbaru