Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kepulauan Selayar Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gebyar Undian PBB-P2 Beri Motivasi Masyarakat Kotim Taat Membayar Pajak

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 03 Desember 2023 - 15:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Gebyar undian Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) yang digelar di Borneo Citimall Sampit, untuk memberi motivasi masyarakat Kabupaten Kotawaringin Timur taat membayar pajak.

"Ini sebagai apresiasi pemerintah daerah memberikan hadiah yang diundi untuk masyarakat wajib pajak. Penghargaan untuk masyarakat yang taat membayar pajak," kata Bupati Kotim Halikinnor, Sabtu, 2 Desember 2023.

Dalam gebyar undian itu, berbagai hadiah menarik disediakan. Muai dari televisi, kulkas, sepeda listrik, sepeda gunung dan lainnya.

Pemkab Kotim mengundi 45.274 nomor objek pajak (NOP) yang membayar pajak sebelum jatuh tempo 30 September 2023 dari total 78.960 NOP.

Meski jumlah penduduk Kotim hampir 500.000, masih banyak warga belum mempunyai NJOP SPT. Sehingga, ia berharap, secara bertahap, wajib pajak akan bertambah. Salah satu menarik agar masyarakat mau dan taat membayar pajak ialah dengan gebyar undian.

"Jika bertambah wajib pajak, maka akan meningkat lagi pendapatan kita. Dengan meningkatnya itu, belanja daerah akan lebih leluasa, lebih besar," ujarnya.

Saat ini, pemerintah daerah telah memperlakukan sistem online untuk membayar pajak. Masyarakat tidak perlu antre dan susah payah datang ke kantor pajak. Selama ada jaringan internet, pembayaran pajak dapat dilakukan melalui aplikasi Bapenda Kotim. Sehingga tidak ada alasan bagi masyarakat malas atau menunda membayar pajak.

Sementara itu, Kepala Badan Pengelola Pendapatan Daerah (Bappenda) Kotim Ramadansyah mengatakan, gebyar undian PBB-P2 digelar 2 kali setahun. Pertama pihaknya gelar pada pekan panutan paak khusus untuk ASN. Karena ASN harus menjadi panutan taat membayar pajak.

"Kedua ita gelar akhir tahun ini untuk masyarakat yang membayar pajak sebelum jatuh tempo," kata Ramadan. (DEWI PATMALASARI/Y)

Berita Terbaru