Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pesisir Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Komoditas Pemicu Inflasi Nasional

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 04 Desember 2023 - 23:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Plt. Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Amalia Adininggar Widyasanti menyampaikan inflasi November 2023 utamanya disebabkan oleh beberapa komoditas.

Mulai dari komoditas cabai merah, cabai rawit sampai bawang merah, yang ketiganya menyumbang andil inflasi sebesar 0,27 persen.

“Tingkat inflasi bulanan November 2023 lebih tinggi dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Sedangkan tekanan inflasi tahunan semakin meningkat pada November 2023,” katanya saat rakor terkait inflasi secara virtual bersama Mendagri, pemerintah daerah dan stakeholder terkait, Senin, 4 Desember 2023.

Kemudian ada komoditas beras, yang masih mengalami inflasi dengan tekanan yang terus melemah, yaitu sebesar 0,43 persen.

“Pada November 2023, jumlah kota yang mengalami deflasi beras semakin bertambah jika dibandingkan dengan tiga bulan sebelumnya,” tuturnya.

Ia menjelaskan, Indeks Perkembangan Harga (IPH) di minggu kelima November 2023 di sejumlah kabupaten/kota yang mengalami kenaikan IPH cenderung stabil dari minggu sebelumnya, yaitu sebanyak 85 persen. (HERMAWAN DP/j)

Berita Terbaru