Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pemalang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ketepatan Formulasi Birokrasi Dibutuhkan Dalam Penyesuaian Tantangan Perubahan

  • Oleh Ramadani
  • 05 Desember 2023 - 02:00 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh -  Wakil Ketua I DPRD Barito Utara, Parmana Setiawan beranggapan, ketepatan formulasi birokrasi dibutuhkan dalam rangka penyesuaian terhadap tantangan perubahan lingkungan eksternal yang berkembang begitu cepat.

Oleh karenanya, penataan kelembagaan diarahkan untuk mendorong birokrasi agar mampu merespon berbagai dinamika perubahan.

Terbentuknya birokrasi ideal terkait erat dengan kebutuhan birokrasi menghadirkan pelayanan publik prima.

“Sejalan dengan itu pemerintah secara bertahap hendaknya terus menerapkan kebijakan rasionalisasi anggaran dengan memangkas sebagian alokasi pembiayaan dan menghilangkan pos anggaran yang dianggap tidak perlu,” ujar Parmana.

Dikatakannya, birokrasi dituntut mampu menampilkan performa efisiensi yang terindikasi dari pergeseran margin pembiayaan, dari yang semula lebih banyak dialokasikan bagi belanja aparatur bergeser kepada alokasi belanja publik.

“Menjawab tantangan yang demikian, maka birokrasi harus mampu beradaptasi kepada bentuk birokrasi ramping yang miskin struktur, namun kaya fungsi,” tambah politisi dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini.(RAMADHANI/j)


TAGS:

Berita Terbaru