Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bengkalis Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kementerian ATR/BPN Klaim Sertifikat Tanah Elektronik Tingkatkan Keamanan

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 05 Desember 2023 - 03:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Kementerian ATR/BPN mengklaim sertifikat tanah elektronik meningkatkan efektifitas dan lebih aman.

“Melalui penerapan sertifikat tanah elektronik, proses pendataan tanah menjadi lebih efektif dan efisien melindungi keamanan sertipikat,” kata Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto dalam keterangannya, Senin, 4 Desember 2023.

Ia menyampaikan dengan sertifikat elektronik jika terjadinya risiko bencana alam seperti banjir dan gempa bumi akan lebih terjaga.

Selain itu, sertifikat elektronik dinilai dapat meminimalisir terjadinya kesalahan sertifikat, mengurangi interaksi dengan masyarakat dalam layanan pertanahan, dan membatasi ruang gerak para mafia tanah.

Hadi menyampaikan implementasi konsep digital melayani sudah dicanangkan oleh Presiden RI, Joko Widodo pada tahun 2019.

Sedangkan Kementerian ATR/BPN telah melaksanakan layanan pertanahan secara digital melalui Hak Tanggungan Elektronik (HT-el), Pengecekan Elektronik, Royal Elektronik dan Zona Nilai Tanah Elektronik.

Sebagai informasi dalam peluncuran sertifikat elektronik ini turut dihadiri Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng), Edy Pratowo serta perwakilan unsur Forkopimda Kalteng secara virtual dari Aula Rahan Universitas Palangka Raya. (HERMAWAN DP/j)

Berita Terbaru