Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sigi Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemdes Haringen Gotong-royong Bersihkan Drainase

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 05 Desember 2023 - 19:00 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Pemerintah Desa Haringen Kabupaten Barito Timur bersama BPD, Koramil 1012-04 Tamiang Layang, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Relawan Matabu Jaya serta Sulung Rescue, bergotong-royong membersihkan saluran drainase di  RT 01 dan RT 02 Desa Haringen, Selasa, 5 Desember 2023.

Gotong-royong dilakukan dengan mengeruk sampah maupun endapan tanah yang menutupi saluran serta menembakkan air pada saluran yang tersumbat menggunakan mobil tanki pemadam milik Relawan Matabu Jaya dan Sulung Rescue.

Kepala Desa Haringen Yasen diwawancarai di sela kegiatan menjelaskan, pembersihan drainase dilakukan untuk memperlancar aliran air saat musim hujan serta mempercepat surutnya banjir.

Melihat banyak bagian drainase yang tersumbat, dia mengimbau warga agar tidak membuang sampah sembarangan maupun menumpuk material bahan bangunan seperti pasir di atas drainase.

"Buanglah sampah pada tempatnya dan kalau membangun jangan sembarang menaruh bahan bangunan sehingga menutupi drainase," kata Yasen.

Kades berharap pemerintah daerah dapat memperbaiki drainase-drainase yang rusak serta melakukan normalisasi 3 sungai yang melintasi desa tersebut untuk mengurangi dampak banjir.

"Kami juga minta pemerintah daerah untuk melanjutkan pembangun bronjong pada 5 titik Sungai Sirau untuk menangkis banjir sekaligus mencegah erosi atau tanah longsor," lanjutnya.

Yasen menjelaskan, bagian sungai yang harus dibangun bronjong total panjangnya diperkirakan mencapai 300 meter.

"Tahun ini sudah mulai ada pembangunan bronjong, mudah-mudahan dilaksanakan secara bertahap sehingga 5 titik itu terpasang bronjong semua," ujarnya.

Kades menyampaikan ucapan terima kasih kepada Koramil 1012-04 Tamiang Layang, BPD Haringen, Babinsa, Bhabinkamtibmas dan relawan yang telah membantu Pemdes Haringen membersihkan drainase.

"Mudah-mudahan dari hasil gotong-royong ini kita bisa mengurangi dampak banjir saat curah hujan tinggi," ucapnya. (BOLE MALO/j) 

Berita Terbaru