Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Dompu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Desa Bangkal Kecewa karena Realisasi Plasma Tidak Sesuai Tuntutan

  • Oleh Marini
  • 06 Desember 2023 - 00:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pertemuan yang dilaksanakan Pemprov Kalteng, pihak perusahaan PT Hamparan Massawit Bangun Persada (PT.HMBP), Pemkab Seruyan dengan perwakilan warga Desa Bangkal Kabupaten Seruyan yang dilaksanakan di Aula Dinas Perkebunan Provinsi Kalteng, Selasa, 5 Desember 2023 sore menghasilkan penolakan pembayaran Sisa Hasil Usaha (SHU), dan hasil realisasi plasma tidak sesuai tuntutan membuat warga Desa Bangkal kecewa.

Ketua Koperasi Maju Bersama Bangkal, Kuwi mengatakan bahwa untuk sementara pihaknya tidak bisa menjelaskan terlebih dulu untuk penyerahan SHU ini karena belum hitung-hitungan dengan anggota koperasinya.

"Kalau kami juga sebenarnya tidak setuju dan untuk sementara dana yang ada di koperasi kami tidak bagikan terlebih dulu," jelasnya, Selasa, 5 Desember 2023.

Ia juga mengutarakan permasalahan yang ada tidak jelas bagaimana penyelesaiannya. Dirinya menilai bahwa pertemuan tersebut sebenarnya ada kesepakatan namun kenyataannya berbalik di lapangan malah tidak ada.

"Yang awalnya datang ke sini membahas kesepakatan tapi ini kan malah tidak ada," kecewanya.

Sementara itu Pj Kepala Desa Bangkal Susila Sri Wahyuni mengangap bahwa hal tersebut harus ada perjanjian kesepatakan atau MoU. Tidak hanya asal menerima SHU.

"Jadi melalui MoU itu kami baca betul tidak sepakat atau tidak. Jadi, kami selaku Ketua dan Pj Kepala Desa tidak menerima karena tidak sesuai dengan kesepakatan awal," tegasnya. 

Ia juga memberitahukan hasil pengelolaan perkebunan kelapa sawit yang dikelola PT HMBP seluas ± 443 hektare yang merupakan lokasi APL disisihkan sebesar Rp. 650.000 per hektare.

Sehingga, total dengan jumlah Rp.287.950.000 diserahkan kepada masyarakat melalui Koperasi Maju Bersama Bangkal tidak dapat diterima begitu saja oleh pihaknya.

"Harus ada pertimbangan dan realisasi plasma sesuai dengan yang diharapkan masyarakat Desa Bangkal," tandasnya. (MARINI/R)


TAGS:

Berita Terbaru