Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Banyuwangi Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ketua DPRD Barito Utara Minta Satpol PP Kembali Rekrut Anggota Satlinmas

  • Oleh Ramadani
  • 06 Desember 2023 - 05:00 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Ketua DPRD Kabupaten Barito Utara, Mery Rukaini meminta kepada Satpol PP untuk kembali melaksanakan kegiatan Pendidikan Dasar (Diksar) atau merekrut anggota Satuan Lindungan masyarakat (Satlinmas).

“Pada tahap pertama ini hanya diikuti sebanyak 125 orang peserta, diharapkan nantinya ada lagi pelatihan pendidikan dasar untuk anggota Satlinmas ini,” kata Ketua DPRD Mery Rukaini, Selasa 5 Desember 2023.

Anggota Satlinmas ini nantinya berfungsi bukan hanya untuk pengamanan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) saja akan tetapi juga sebagai pengamanan dan pelindung masyarakat khususnya di tingkat RT.

“Keberadaan tempat pemungutan suara di wilayah Kabupaten Barito Utara berjumlah 450 TPS dan yang dilatih saat ini hanya sekitar seperempatnya saja dari jumlah yang ada. Berarti setiap TPS akan ada satu-satu, kalau lebih berarti lebih,” kata Srikandi Demokrat Barito Utara ini.

Oleh karena itu segera dan tepat sesuai dengan rencana, agar nanti bisa kembali di rekrut petugas-petugas linmas di desa atau kelurahan dengan memperhatikan usia dan kondisi fisik dengan baik.

Pasalnya, kata Ketua DPRD, hal-hal yang mendesak kita bisa menganggarkannya lewat perubahan seandainya itu sangat mendesak.

“Ini kan bahasanya urgen atau mendesak dalam menghadapi pemilu, pemilukada, PilPres, linmas penting keberadaannya untuk tiap-tiap TPS di setiap desa. Hal ini perlu diusulkan kembali, apa kebutuhannya, nanti akan dibahas bersama oleh tim anggaran pemerintah daerah dan DPRD Barito Utara,” pungkasnya. (RAMADHANI/R)


TAGS:

Berita Terbaru