Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kutai Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Piutang Pembiayaan di Kalteng Tumbuh 30,74 Persen

  • Oleh Testi Priscilla
  • 06 Desember 2023 - 07:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Otoritas Jasa Keuangan atau OJK Provinsi Kalimantan Tengah, Otto Fitriandy mengatakan bahwa piutang Pembiayaan di Kalteng tumbuh sebesar 30,74 persen per September 2023.

"Untuk sektor Industri Keuangan Non-Bank atau IKNB masih tergolong baik dengan Piutang Pembiayaan per September 2023 tumbuh sebesar 30,74 persen yoy dengan NPF sebesar 1,25 persen," kata Otto dalam keterangan resminya pada Selasa, 5 Desember 2023.

Menurut Otto, pada sektor Asuransi, premi pada bulan Juni tahun 2023 sebesar Rp185,63 miliar atau terkontraksi sebesar -22,83 persen yoy.

"Memang premi terkontraksi namun kontraksi premi ini diiringi juga dengan turunnya total klaim yang tercatat pada bulan Juni 2023 sebesar Rp138,53 miliar atau turun sebesar -32,34 persen yoy," tuturnya lagi.

OJK Kalteng, lanjut Otto, menjaga stabilitas sektor jasa keuangan dalam rangka mendorong perekonomian di Kalimantan Tengah agar tetap tumbuh dan mampu berkontribusi untuk menggerakkan perekonomian daerah.

"Selain melaksanakan pengawasan kepada industri jasa keuangan dan edukasi keuangan kepada masyarakat, OJK Kalteng juga mampu melindungi kepentingan masyarakat atas produk dan layanan jasa keuangan ilegal yang berpotensi merugikan masyarakat," bebernya.

Perlindungan kepentingan masyarakat atas produk ini menurut Otto dilakukan melalui berbagai pelaksanakan kegiatan edukasi keuangan mengenai pentingnya pengelolaan keuangan dan waspada investasi serta pinjaman online ilegal. (TESTI PRISCILLA/Y)

Berita Terbaru