Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Data Statistik Harus Disebarluaskan ke Masyarakat

  • Oleh Testi Priscilla
  • 06 Desember 2023 - 12:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Data-data statistik tidak hanya dikumpulkan, tetapi juga harus harus disebarluaskan kepada masyarakat.

Hal ini disampaikan Stastisi Ahli Madya, BPS Provinsi Kalimantan Tengah, Bambang dalam Workshop wartawan BPS Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2023 dalam Rangka Diseminasi Kegiatan ST2023 pada Rabu, 6 Desember 2023.

"BPS sebagai instansi penyedia data juga bertugas untuk menyebarluaskan data yang dihasilkan kepada masyarakat," kata Bambang.

Dalam kegiatan menyebarluaskan dan memasyarakatkan data statistik tersebut, lanjut Bambang, BPS Provinsi Kalimantan Tengah dibantu oleh media, yaitu wartawan dan agen statistik.

"Oleh karena itu, dilaksanakan Workshop Wartawan tahun 2023 ini dengan tujuan memberikan wawasan kepada wartawan tentang bagaimana membaca, memahami, dan menyajikan data statistik sehingga berita yang disampaikan pada masyarakat memuat intepretasi yang benar dan dapat digunakan dengan baik, oleh pemerintah maupun masyarakat," bebernya.

Tujuan lainnya, lanjut Bambang, memberikan wawasan kepada para Agen Statistik di UPR. Selain itu, dalam workshop ini juga melibatkan narasumber dari Humas BPS RI untuk memberikan pemahaman dan pemantapan fungsi kehumasan di lingkungan BPS se-Kalimantan Tengah.

"Peserta kegiatan ini berjumlah 65 orang. Terdiri dari 26 wartawan, 5 agen statistik, 14 orang dari BPS kabupaten/kota, 11 orang dari BPS Provinsi Kalteng, 3 orang narasumber dan 6 orang panitia," beber Bambang. (TESTI PRISCILLA/Y)

Berita Terbaru