Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Asmat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pengedar Sabu Puluhan Gram Dihukum 8 Tahun Penjara

  • Oleh Apriando
  • 06 Desember 2023 - 13:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Majelis Hakim Pengadilan Negeri Palangka Raya menjatuhkan pidana penjara selama 8 tahun kepada terdakwa Rengga pada sidang di Pengadilan Negeri Palangka Raya.

"Mengadili, menjatuhkan pidana penjara kepada terdakwa selama 8 tahun, denda Rp2 miliar dengan ketentuan apabila denda tidak dibayarkan, maka diganti dengan pidana penjara selama 2 bulan," ucap Majelis Hakim yang diketuai oleh Boxgie Agus Santoso.

Atas putusan tersebut, terdakwa Rengga maupun penasihat hukumnya menyatakan menerima. Putusan tersebut lebih ringan dari tuntutan Jaksa yang sebelumnya menuntut terdakwa menjalani kurungan badan selama 12 tahun penjara.

Perkara bermula saat polisi menerima informasi bahwa terdakwa, Rengga, sering melakukan transaksi narkotika di rumahnya. Polisi melakukan penggerebekan dan menangkap Rengga beserta barang bukti narkotika di Jalan Raden Saleh III A pada 13 Juli 2023 sekitar pukul 19.30 WIB

Terdakwa Rengga mengakui memiliki dan menyimpan narkotika jenis sabu di rumahnya. Polisi melakukan penggeledahan dan menemukan 2 paket narkotika jenis sabu dengan berat bersih 9,50 gram, serta barang bukti lainnya seperti timbangan, plastik klip, dan handphone.

Terdakwa memperoleh narkotika jenis sabu dari saksi Lambang Prawira pada 28 Juni 2023 sebanyak 2 paket dengan berat total 100 gram. Narkotika tersebut rencananya akan dijual oleh terdakwa.

Terdakwa menjual 17 paket narkotika jenis sabu kepada Samba (DPO) di daerah Tumbang Hakau, Gunung Mas, dengan total harga Rp80 juta, Pembayaran dilakukan sebagian, dan saat penangkapan, masih ada kekurangan pembayaran sebesar Rp43.500.000.

Dalam pemeriksaan, ia mengakui selama 5 bulan, melakukan jual beli narkotika jenis sabu untuk mencari keuntungan. Terdakwa mengakui mengkonsumsi narkotika jenis sabu sejak tahun 2008. (APRIANDO/Y)

Berita Terbaru