Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sumba Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinkes Kapuas Validasi Data Program P2 Tuberkulosis

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 06 Desember 2023 - 14:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kapuas telah mengadakan pertemuan untuk kegiatan Validasi Data program P2 tuberkulosis.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinkes Kapuas, Pandit mengatakan pertemuan tersebut diikuti 57 orang terdiri dari petugas TBC, tenaga farmasi, petugas laboratorium Puskesmas, tim RSUD dr H Soemarno Sosroatmodjo, klinik Rutan, klinik Polres, Labkesda, IFK kabupaten. 

"Tujuan dilaksanakan kegiatan itu untuk mengoptimalkan pelaporan kasus TBC di SITB dan mengurangi kasus kasus TBC yang belum dilaporkan," katanya, Rabu, 6 Desember 2023.

Sebagai Narasumber yaitu berasal dari Dinkes Provinsi Kalimantan Tengah dr. Febianda Aris Nugraha dan tim, 

Pandit berharap Faskes dapat menindaklanjuti data pasien yang belum dilaporkan pada SITB baik itu terduga TBC, pasien TBSO maupun TBRO, paduan Obat yang belum ada, permohonan laboratorium, ataupun hasil laboratorium.

Lebih lanjut, melakukan permintaan logistik OAT, Non OAT dan obat TPT(Terapi Pencegahan Tuberkulosis) pada SITB secara rutin setiap melakukan permintaan realtime.

“Puskesmas dapat segera melaksanakan investigasi kontak kepada kontak se rumah setelah kasus indeks mendapatkan pengobatan oleh faskes,” pungkasnya. (DODI/Y)

Berita Terbaru