Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Berau Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sirkuit Mandalika Jadi Tuan Rumah Porsche Sprint Challenge Indonesia

  • Oleh ANTARA
  • 07 Desember 2023 - 06:40 WIB

BORNEONEWS, Jakarta - Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika International akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan balap roda empat Porsche Sprint Challenge Indonesia 2023 pada 8-10 Desember.

Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney Maya Watono mengatakan Porsche Sprint Challenge Indonesia adalah suatu bentuk aktivasi dan apresiasi kepada penggemar motorsport enthusiast di Indonesia. Ia ingin agar motorsport enthusiast dari seluruh Indonesia berbondong-bondong hadir di Sirkuit Mandalika untuk menyaksikan dan meramaikan kejuaraan ini.

Dipilihnya Sirkuit Mandalika adalah karena lintasan balap yang terletak di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat itu telah teruji untuk menggelar World Superbike (WSBK) dan MotoGP dari 2021 hingga 2023.

Pengakuan ini juga diperoleh dari Dorna Sports sebagai pemilik ajang balap WSBK dan MotoGP serta Superstars Motorsport sebagai promotor Porsche Sprint Challenge Indonesia.

"Kami memakai konsultan dari Italia. Sirkuit ini sudah tiga kali kami lapis. Jadi aspal di lintasan ini adalah terbaik di dunia. Dorna kemarin bilang ini sirkuit tercantik di dunia dengan aspal terbaik," ujar Maya, melalui keterangan resmi, Rabu.

Dengan bertambahnya kejuaraan internasional di Sirkuit Mandalika, maka Sirkuit Mandalika akan semakin terangkat sebagai kawasan yang difokuskan untuk "sport and entertainment tourism".


Maya mengatakan ajang balap mobil yang pertama kali digelar di Sirkuit Mandalika ini dapat menjadi starting point untuk balapan roda empat lainnya.

Senada, Direktur Operasi Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Troy Reza Warokka juga meyakini dengan semakin banyaknya kejuaraan di Sirkuit Mandalika akan memperkuat posisi Sirkuit Mandalika sebagai destinasi "sport and entertainment tourism".

“Kami yakin ini akan memperkuat posisi kami destinasi 'sport and entertainment tourism' di Indonesia dan juga memberikan dampak positif untuk ekonomi. Bukan hanya untuk Indonesia, tetapi juga untuk masyarakat lokal di sekitar Mandalika,” kata Troy Reza.

Kualitas dan keindahan Sirkuit Mandalika juga diamini oleh CEO Superstars Motorsport Bagoes Hermanto.

“Porsche Sprint Challenge Indonesia bisa diselenggarakan secara rutin sehingga memberikan dampak ekonomi kepada masyarakat sekitar serta menjadi salah satu bagian untuk bisa ikut men-develop kawasan Mandalika sebagai destinasi pariwisata yang sudah ditentukan oleh pemerintah,” kata Bagoes.

Kendaraan yang akan digunakan dalam Porsche Sprint Challenge Indonesia 2023 adalah mobil Porsche 911 GT3 Cup.

Porsche Sprint Challenge Indonesia akan digelar sebanyak tiga kali, yaitu pada 8-10 Desember, 12-14 Januari dan 26-28 Januari 2024. Balapan akan terdiri dari Sprint Race selama 30 menit dan Endurance Race dengan durasi 45 menit. Sebanyak 10 mobil Porsche 911 GT3 Cup telah disiapkan di Sirkuit Mandalika dan siap beradu cepat untuk putaran perdana Porsche Sprint Challenge Indonesia.

Pengunjung dapat menonton balap Porsche Sprint Challenge Indonesia secara gratis dan dapat menikmati balapan di Grandstand A. Sedangkan tiket berbayar tetap tersedia dengan harga mulai Rp300.000 dan pemegang tiket memiliki akses ke paddock selama tiga hari.

Tak hanya menikmati ajang balap, Posche Sprint Challenge juga dimeriahkan rangkaian hiburan yang memanjakan pengunjung. Band nasional “Radja” dan beberapa artis lokal akan tampil di Pesta Mandalika Seru pada 9 Desember.

ANTARA

Berita Terbaru