Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Keerom Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dosen UPR Katakan SDM Lokal Kalteng Harus Dibekali Skil Dunia Kerja

  • Oleh Marini
  • 07 Desember 2023 - 10:45 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Palangka Raya (UPR), Suherman, menyatakan bahwa pemerintah harus memberikan regulasi yang jelas dan bertanggung jawab untuk menyediakan lapangan kerja, terutama pada Sumber Daya Manusia (SDM) lokal.

Tidak hanya itu saja, katanya, perlu adanya pelatihan yang dapat meningkatkan skill dan kemampuan para calon pekerja lokal.

"Hal ini diharapkan dapat mengurangi tingkat pengangguran di Kalimantan Tengah. Tentunya, dimulai dari SMA dan perguruan tinggi, harus lebih diperhatikan kebutuhan skill pada lapangan pekerjaan," katanya, Rabu, 6 Desember 2023.

Ia melanjutkan, ketersediaan lapangan kerja dapat meningkat dan dapat memberikan manfaat bagi perekonomian. SDM harus memiliki skill yang lebih sesuai dengan kebutuhan lapangan pekerjaan.

"Para calon pekerja harus mendapatkan bekal atau skill yang dibutuhkan untuk menghadapi kebutuhan di dunia kerja," jelasnya.

Hal tersebut juga menurutnya, berdasarkan perkembangan tuntutan zaman. Untuk itu, pemerintah harus memberikan regulasi yang jelas dan bertanggung jawab untuk ketersedian lapangan kerja bagi SDM lokal Kalteng. 

"Dengan tujuan agar tidak tertinggal dari provinsi lain, maupun negara lain," tandasnya. (MARINI/Y)

Berita Terbaru