Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Cianjur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemko Palangka Raya Tarik Retribusi Pertokoan di Jalan S Parman untuk PAD

  • Oleh Hendri
  • 07 Desember 2023 - 11:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemko Palangka Raya melalui Dinas Perdagangan Koperasi UKM dan Perindustrian (DPKUKMP) mulai menarik biaya sewa atau retribusi pada pertokoan di Jalan S Parman.

"Hal ini dilakukan untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Palangka Raya," kata Kepala DPKUKMP Kota Palangka Raya, Samsul Rizal, Kamis, 7 Desember 2023.

Dia mengatakan, penarikan retribusi pertokoan di Jalan S Parman sudah sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda).

Menurutnya, penarikan retribusi ini sudah seharusnya dilakukan karena pertokoan tersebut berada di atas tanah milik Pemko.

"Penarikan retribusi ini sudah berjalan dan kami sudah sosialisasikan kepada para pengusaha yang menempati pertokoan tersebut. Mereka juga sudah setuju untuk membayar retribusi sesuai dengan ketentuan yang berlaku," ujarnya.

Ia menjelaskan, besaran retribusi yang dikenakan kepada para pengusaha pertokoan di Jalan S.Parman adalah Rp351 ribu per bulan per toko.

Jumlah ini sudah termasuk biaya pemeliharaan, kebersihan, dan keamanan. Ia menambahkan, ada 50 toko yang berada di Jalan S.Parman yang wajib membayar retribusi tersebut.

"Dengan adanya retribusi ini, kami berharap bisa meningkatkan PAD. Kami juga berharap para pengusaha bisa lebih tertib dalam membayar retribusi sesuai dengan jadwal yang ditentukan," tuturnya.

Samsul Rizal mengatakan, pihaknya juga akan melakukan evaluasi dan pengawasan terhadap pengelolaan pertokoan di Jalan S.Parman. Ia berharap, pertokoan tersebut bisa memberikan kontribusi positif bagi perekonomian Kota Palangka Raya.

"Kami akan terus berkoordinasi dengan para pengusaha dan pengelola pertokoan di Jalan S.Parman. Kami ingin pertokoan tersebut bisa menjadi salah satu pusat perbelanjaan yang nyaman dan aman," pungkasnya. (HENDRI/Y)

Berita Terbaru