Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Labuhanbatu Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Asesmen Sumatif Ganjil MIN 5 Sistem Daring Tidak Rugikan Siswa

  • Oleh Testi Priscilla
  • 07 Desember 2023 - 11:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Madrasah Ibtidaiyah Negeri atau MIN 5 Kota Palangka Raya, Muhamad Asran Dirun kepada Borneonews pada Kamis, 7 Desember 2023 menegaskan bahwa asesmen sumatif ganjil yang menggunakan sistem dalam jaringan atau daring tidak akan merugikan siswa.

Siswa kelas IV, V dan VI menggunakan sistem daring. Sedangkan kelas I, II, dan III menggunakan kertas.

"Dari pelaksanaan asesmen sistem daring, memang ada beberapa kelemahan," ucap Asran.

Seperti tidak mendukungnya HP siswa terhadap aplikasi ujian, lanjutnya, lemahnya jaringan internet, dan pemadaman listrik.

"Namun semua itu tidak merugikan siswa dari segi perolehan nilai," tegas Asran. Siswa yang memang pintar dan bisa menjawab soal dengan baik, lanjutnya, tentu akan mendapat nilai baik, jadi tidak ada kaitannya apakah asesmen sistem daring atau kertas.

Di hari pertama pada Senin lalu, meski cuaca hujan lebat mengguyur wilayah Tangkiling Palangka Raya, siswa MIN 5 Kota Palangka Raya bersemangat mengikuti pembukaan asesmen sumatif ganjil tahun pelajaran 2023/ 2024.

Saat pembukaan, kepala madrasah dan panitia asesmen berbaris di selasar ruangan, sementara siswa masuk ke dalam kelas didampingi pengawas ruang. Dengan menggunakan pengeras suara, semua siswa dapat mengikuti pembukaan asesmen hingga selesai.

Kepala MIN 5 Kota Palangka Raya Muhamad Asran Dirun berpesan agar siswa mempersiapkan diri dengan baik dalam mengikuti asesmen hingga seminggu ke depan.

"Jaga kesehatan dan belajar jangan diforsir," kata Asran kala itu.

Asesmen ini menurut Asran bertujuan untuk mengukur kemampuan siswa dari segi kognitif, yaitu penguasaan materi pelajaran yang sudah diberikan guru selama satu semester.

"Asesmen juga dilakukan untuk menilai sikap dan keterampilan siswa yang nantinya akan dituangkan dalam rapor hasil belajar," terang Asran.

Asesmen sumatif semester ganjil di MIN 5 Kota Palangka Raya akan dilaksanakan selama 7 hari. Yaitu dari tanggal 4 sampai dengan 11 Desember 2023. Sementara hasil rapor siswa akan dibagikan Sabtu, 23 Desember 2023. (TESTI PRISCILLA/Y)

Berita Terbaru