Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Ketapang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wilayah Sungai Mentaya-Katingan Masuk Wilayah Strategis Nasional

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 07 Desember 2023 - 12:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappendalitbang) Kalteng, Leonard S Ampung menyampaikan wilayah sungai Mentaya-Katingan masuk wilayah sungai strategis nasional.

“Wilayah Sungai Mentaya-Katingan merupakan wilayah sungai strategis nasional dan menjadi kewenangan pusat sesuai dengan Permen PUPR nomor 04/PRT/M/2015,” ungkap Leo dalam keterangannya, Rabu, 6 Desember 2023.

Ia menyampaikan pengelolaan sumber daya air adalah upaya merencanakan, melaksanakan, memantau dan mengevaluasi penyelenggaraan konservasi sumber daya air, pendayagunaan sumber daya air dan pengendalian daya rusak air.

Leo berharap, Tim Koordinasi Pengelolaan Sumber Daya Air (TKPSDA) mampu mengkoordinasikan berbagai kepentingan dalam pengelolaan sumber daya air.

Bisa menyatukan instansi, lembaga, masyarakat, dan para pemilik kepentingan (stakeholders) sumber daya air lainnya dalam pengelolaan.

“Terutama dalam merumuskan kebijakan dan strategi pengelolaan sumber daya air, serta mendorong peningkatan peran masyarakat dalam pengelolaan sumber daya air," ujar Leonard. (HERMAWAN DP/Y)


TAGS:

Berita Terbaru