Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Penukal Abab Lematang Ilir Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Aparatur Desa Dilatih Deteksi Dini Intelijen

  • Oleh Uriutu
  • 28 April 2016 - 16:30 WIB

BORNEONEWS, Barito Selatan - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kebangpol) Barito Selatan (Barsel) menggelar diklat deteksi dini intelijen bagi aparatur desa di Kelurahan Bangkuang Kecamatan Karau Kuala. Kamis (28/4/2016) siang.

Kaban Kesbangpol Barsel, Liharfin mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk memberi pembekalan tentang deteksi dini intelijen kepada aparat desa. Ini untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan guna mendukung pelaksanaan tugas dilapangan.

Hal ini dilakukan, lanjut dia, untuk meningkatkan pengetahuan, wawasan dan pemahaman pejabat pelaksana teknis lurah, kades/sekdes, ketua BPD, RT dan RW yang memiliki fungsi aktif intelijen dan kontra intelijen.

'Dengan dilaksanakan kegiatan ini maka diharapkan para aparat desa memiliki budaya deteksi dini, lapor dini dan cegah dini terhadap suatu ancaman, tantangan hambatan dan gangguan,' kata Liharfin kepada Borneonews usai kegiatan. Kamis (28/4/2016) siang.

Menurut dia, nantinya para aparat desa ini membina dan memelihara ketentraman, ketertiban dan perlindungan masyarakat dalam menghadapi kemungkinan terjadinya bencana, baik bencana perang, alam maupun karena ulah manusia di wilayah masing-masing.

Selain itu, mengoordinasikan tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, tokoh pemuda, anggota satlinmas, polmas dan elemen masyarakat lainnya dalam bidang ketentraman.

'Karena ketertiban dan perlindungan masyarakat sangat penting untuk meningkatkan kewaspadaan dini,' ujarnya.

Adapun yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 48 orang terdiri  kepala desa, Ketua BPD dan sekretaris BPD serta Ketua RT/RW. Kegiatannya berlangsung di aula kantor Kecamatan Karau Kuala.  (BORNEONEWS/URIUTU DJAPER/m)

Berita Terbaru