Aplikasi Sistem Pemetaan Suara Pemenangan Pilkada 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Barito Timur Rapat Konsultasi Publik RPJPD 2025-2045

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 07 Desember 2023 - 18:11 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Pemkab Barito Timur menggelar Rapat Konsultasi Publik Rancangan Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Barito Timur 2025-2045 di Aula Bappelitbangda Kabupaten Barito Timur, Kamis, 7 Desember 2023.

Acara yang dibuka oleh Asisten I Setda Ari Panan P Lelu itu dihadiri oleh unsur Forkopimda, kepala perangkat daerah, camat, lurah, tokoh masyarakat serta tamu undangan lainnya.

Ketika membacakan sambutan Pj Bupati Barito Timur, Ari Panan mengatakan, penyusunan RPJPD bertujuan untuk memberikan arah dan pedoman bagi seluruh pemangku kepentingan dalam membangun kesepahaman, kesepakatan, dan komitmen bersama.

Hal tersebut diharapkan dapat mewujudkan visi dan misi Pemkab Barito Timur secara berkesinambungan.

"Isu strategis pembangunan jangka panjang Barito Timur mencakup berbagai aspek, seperti penanggulangan kemiskinan, pemberdayaan masyarakat, peningkatan keamanan publik dan pelestarian lingkungan hidup," ungkap Ari Panan.

Sedangkan visi pembangunan jangka panjang Barito Timur Tahun 2025-2045 adalah Barito Timur Menuju Kabupaten Yang Bertumbuh, Adil, Mandiri Dan Berkelanjutan.

Misi-misi pembangunan yang dirumuskan antara lain mencakup penciptaan pemerataan pembangunan dan berkeadilan yang berfokus pada pertumbuhan wilayah yang merata dan pemberdayaan masyarakat di berbagai kawasan, meningkatkan kualitas sumber daya manusia, membangun SDM yang handal dan unggul dari segi pendidikan, kesehatan dan daya beli, mewujudkan pembangunan yang terbuka, tertib dan humanis serta menjaga kondusifitas masyarakat dengan kondisi aman, tertib, dan tenteram.

Kemudian Mewujudkan perekonomian masyarakat yang berdaya saing: Berfokus pada pengembangan agribisnis, pariwisata, jasa, perdagangan, investasi daerah, dan pengurangan pengangguran. 

Selanjutnya mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih dan adaptif, meningkatkan kualitas pelayanan pemerintah dan adaptasi terhadap perubahan,  meningkatkan daya dukung dan kualitas lingkungan, memelihara kebersihan lingkungan, melakukan mitigasi bencana alam serta menjaga sumber daya alam.

"Kami  mengajak peserta rapat untuk memberikan masukan dan pendapat guna mendukung terwujudnya visi Gumi Jari Janang Kalalawah. Rapat konsultasi publik ini diharapkan dapat menjadi forum partisipatif dalam menyusun RPJPD Kabupaten Barito Timur Tahun 2025-2045," tandas Ari Panan. (BOLE MALO/R)


TAGS:

Berita Terbaru