Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Sungai Penuh Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Barito Timur Mulai Safari Natal 2023

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 08 Desember 2023 - 06:30 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Pemkab Barito Timur mulai melaksanakan Safari Natal 2023 yang dimulai di Kecamatan Raren Batuah, Kamis, 7 Desember 2023. Perayaan Natal tersebut dilaksanakan di GKE Gloria Lenggang.

Tampak hadir Asisten I dan III Sekda Barito Timur, Kepala Badan Kesbangpol, Kepala Bappelitbangda, Kepala Dinas Perikanan, Sekretaris DiskominfoPS, Camat Raren Batuah dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya mewakili Pj Bupati Barito Timur Indra Gunawan, Asisten III Sekda Edius Uhing mengatakan, perayaan Natal bukanlah sekedar perayaan rutinitas tahunan biasa, melainkan momen penting khususnya bagi umat kristiani di dunia untuk memaknai kelahiran Yesus Kristus dalam kesederhanaan dan kepapaan di dalam palungan kandang domba demi menyelamatkan manusia dari dosa.

"Karena itu pemerintah terus mendorong dan menjamin terlaksananya kegiatan perayaan natal seperti ini di seluruh daerah agar berlangsung dengan aman, lancar dan sukses," ujarnya.

Menurut Edius Uhing, pembinaan umat beragama menjadi salah satu prioritas dan perhatian serius dalam pembangunan Barito Timur selama ini sesuai visi-misi pemerintah daerah.

"Apabila umat beragama telah terbina dengan baik maka peran serta masyarakat dalam pembangunan akan meningkat demikian pula sebaliknya," katanya.

Karena itu berbagai program konkret terus kita upayakan seperti penyediaan dana bantuan untuk perbaikan dan pembangunan rumah ibadah, pemberian bantuan operasional bagi rumah ibadah dan program lain yang tujuannya untuk pertumbuhan dan perkembangan umat beragama di Kabupaten Barito Timur sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat.

"Pemerintah Kabupaten Barito Timur juga terus berkomitmen untuk melaksanakan program safari seperti ini baik safari Natal pada saat umat Kristen merayakan Natal, safari Ramadhan pada saat umat Islam melaksanakan ibadah puasa di bulan ramadhan maupun safari Nyepi pada saat saudara kita yang beragama Hindu merayakan Nyepi," ungkap Edius.

Menurutnya, kegiatan safari tersebut selain untuk membina silahturahmi, juga sekaligus untuk menjamin terbinanya tri kerukunan umat beragama di daerah di Barito Timur yaitu kerukunan antar umat beragama, kerukunan sesama agama dan antara umat beragama dengan pemerintah.

"Melalui safari seperti ini terjalin komunikasi langsung antara masyarakat dan pemerintah dimana masyarakat dapat menyampaikan aspirasi dan harapannya kepada pemerintah sehingga ada hubungan timbal balik dalam pembangunan, sehingga pembangunan daerah dapat dilaksanakan dengan lancar dan berkesinambungan sesuai dengan rencana program daerah yang sudah ditetapkan. Kondisi tersebut harus kita pertahankan dan terus kita dorong di masa-masa yang akan datang," lanjut Edius Uhing.

Berita Terbaru