Software Monitoring dan Evaluasi Pemenangan Pilkada 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Begini Kriteria Miskin Ekstrem Menurut Dinsos Palangka Raya

  • Oleh Hendri
  • 08 Desember 2023 - 15:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dinas Sosial (Dinsos) Palangka Raya memberikan penjelasan terkait kriteria masyarakat yang tergolong dalam kemiskinan ekstrem.

Kemiskinan ekstrem adalah kondisi ketidakmampuan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan dasar.

Mulai dari makanan, air bersih, sanitasi layak, kesehatan, tempat tinggal, pendidikan dan akses informasi terhadap pendapatan dan layanan sosial.

Kadinsos Palangka Raya, H Riduan mengatakan, seseorang dikategorikan miskin ekstrem jika pengeluarannya di bawah Rp10.739/orang/hari atau Rp322.170/orang/bulan.

Sehingga misalnya dalam 1 keluarga terdiri atas 4 orang (ayah, ibu dan 2 anak), memiliki kemampuan untuk memenuhi pengeluarannya setara atau di bawah Rp1.288.680 per keluarga per bulan.

"Penduduk dengan kriteria inilah yang sedang kita data, kami berkeliling ke setiap kelurahan untuk mendata meraka, sehingga nanti akan diberikan berbagai jenis bantuan," katanya, Jumat, 8 Desember 2023.

Sebagai contoh, kata dia, bantuan Dari Dinas Sosial bisa berupa kebutuhan pokok, sehingga warga miskin ekstrem tidak perlu mengeluarkan biaya bulanan untuk kebutuhan sehari-hari.

Selain itu, bantuan lainnya bisa berupa sarana penyediaan air bersih yang diberikan dengan melibatkan Dinas PUPR maupun Dinas Perkimtan untuk penyediaan rumah layak huni. (HENDRI/Y)

Berita Terbaru