Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pangkajene Kepulauan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Badan Kesbangpol Kalteng Ajak Peran Aktif Perempuan di Kancah Politik

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 08 Desember 2023 - 13:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kalteng mengajak perempuan ikut aktif di kancah politik.

Langkah tersebut diaplikasikan melalui kegiatan sosialisasi pendidikan politik untuk perempuan sekaligus dalam rangka memperingati Hari Ibu yang ke-95.

“(Maksudnya) untuk meningkatkan peran dan partisipasi perempuan dalam kancah politik maupun birokrasi seperti yang diamanahkan dalam UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu,” kata Kepala Bidang Politik Dalam Negeri Mulyo Suharto di Palangka Raya, Kamis, 7 Desember 2023.

Ia menyampaikan kegiatan sosialisasi bertujuan untuk meningkatkan dan memotivasi keterwakilan perempuan 30 persen, baik di lembaga Eksekutif, Legislatif, Yudikatif maupun lembaga/organisasi lainnya.

Sebagai informasi pemerintah melalui UU No 2 Tahun 2008 tentang Partai Politik mengharuskan kelembagaan partai politikpun, mengharuskan partai politik menyertakan keterwakilan perempuan minimal 30 dalam pendirian maupun dalam kepengurusan di tingkat pusat.

Selain itu, melalui Undang-undang No 22 Tahun 2007 tentang Penyelenggara Pemilu mengatur agar komposisi penyelenggara Pemilu memperhatikan keterwakilan perempuan minimal 30 persen. (HERMAWAN DP/Y)

Berita Terbaru