Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Natuna Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Kameloh Baru Terkepung Banjir, Ketinggian Air Capai 1 Meter

  • Oleh Hendri
  • 08 Desember 2023 - 13:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kota Palangka Raya diguyur hujan deras sejak beberapa hari terakhir. Hujan membawa berkah bagi sebagian warga yang membutuhkan air, namun juga membawa bencana bagi sebagian lainnya.

Salah satu daerah yang terdampak banjir terparah adalah Kelurahan Kameloh Baru, Kecamatan Sebangau. Wilayah ini terendam air setinggi 1 meter.

"Banjir sudah empat hari menggenangi wilayah kami. Ketinggian air bervariasi antara 70 sentimeter sampai 1 meter," ungkap Lurah Kameloh Baru, Rulissantie, Jumat, 8 Desember 2023.

Banjir belum sampai merusak rumah warga, namun sudah mengganggu aktivitas sehari-hari. Jalan-jalan yang menjadi akses utama warga terputus oleh air. Para siswa pun harus naik perahu kayu untuk bisa berangkat sekolah.

"Kegiatan warga jadi terhambat. Banyak warga yang berharap ada bantuan pangan dari pemerintah," kata Rulissantie.

Untuk mengantisipasi dampak banjir, pihak kelurahan bersama TNI, Polri, Tagana dan Puskesmas Pembantu, telah mendirikan posko di kantor kelurahan.

Posko ini untuk memantau kondisi warga, khususnya lansia dan anak-anak yang mungkin membutuhkan evakuasi atau pelayanan kesehatan.

"Kami juga berencana mengusulkan pemasangan sumur bor sebanyak 15 titik di 2024. Karena selain banjir, kami juga kesulitan mendapatkan air bersih," pungkasnya. (HENDRI/j)

Berita Terbaru