Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Agam Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kakanwil Hukum dan HAM Kalteng Meninjau Fasilitas Pemasyarakatan di Palangka Raya

  • Oleh Pathur Rahman
  • 08 Desember 2023 - 17:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah, Hendra Ekaputra melaksanakan peninjauan dan pengawasan melekat (WASKAT) pada unit pemasyarakatan di Palangka Raya.

Dalam kunjungannya Hendra Ekaputra meninjau Rutan Kelas IIA Palangka Raya, Rupbasan Kelas I Palangka Raya, Lapas Perempuan Kelas IIA Palangka Raya, dan Lapas Kelas IIA Palangka Raya pada hari Kamis.

"Tujuan kegiatan ini adalah untuk melakukan pengawasan langsung guna mengoptimalkan pelaksanaan tugas di unit-unit pemasyarakatan di bawah Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah," katanya, Jumat, 8 Desember 2023.

Selama kunjungannya, Kepala Kantor Wilayah melakukan peninjauan terhadap berbagai area seperti ruang klinik, blok hunian, dapur, kantin, galeri produk kreasi WBP (Warga Binaan Pemasyarakatan), bengkel kerja, serta lingkungan UPT Pemasyarakatan.

Selain meninjau fasilitas, Hendra juga bersilaturahmi dan memberikan pesan kepada warga binaan pemasyarakatan. Ia menekankan pentingnya menjaga kondusifitas di dalam fasilitas tersebut guna mencegah gangguan terhadap keamanan dan ketertiban menjelang perayaan Natal dan pergantian tahun 2024.

Hendra juga memberikan arahan kepada petugas pemasyarakatan untuk selalu melakukan deteksi dini terhadap gangguan keamanan dan ketertiban, serta untuk menghindari praktik pungutan liar (pungli).

Kunjungannya ke Rupbasan Kelas I Palangka Raya juga melibatkan peninjauan terhadap kondisi benda sitaan dan barang rampasan negara yang diperlukan dalam proses persidangan.

"Hal ini bertujuan agar seluruh barang bukti yang terkait dengan proses hukum dapat dirawat dan dijaga dengan baik, mencegah terjadinya gangguan terhadap keamanan yang berkaitan dengan barang-barang tersebut," pungkasnya. (PATHUR/j)


TAGS:

Berita Terbaru