Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Karo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tambak Bajai Waspada Banjir Susalan

  • 28 April 2016 - 19:50 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Warga Desa Tambak Bajai, Kecamatan Dadahup tidak mungkin direlokasi karena sudah hidup turun temurun, meski tiap tahun kebanjiran. Pemeritah Kabupaten Kapuas harus mengantisipasi permasalahan banjir setiap tahun ini akibat pertemuan DAS Barito dan DAS Mangkatip .

Anggota DPRD Daerah Pemilihan V Robet Linu Gerung mengatakan, saat kunjungan kerja ke Desa Tambak Bajai memang kondisi air sudah mulai surut. Tetapi masyarakat masih menggunakan alat transportasi berupa perahu ces untuk berkomunikasi dari rumah ke rumah.

"Untuk merokalisasi warga tidak mungkin lagi,kehidupan mereka sudah  ada turun temurun dan keadaan banjir pun sudah menjadi hal biasa bagi mereka," kata Ketua Komisi I DPRD Kapuas Robert, Kamis(28/4/2016).

Ia menjelaskan, pemerintah daerah harus memikirkan bagaimana cara mengantisipasi agar banjir tidak terulang lagi. Sebab setiap tahun terulang terus, dan warga harus mengantisipasi banjir tersebut dengan membuat panggung di dalam rumah.

"Warga sudah terbiasa dengan keadaan banjir setiap tahun. Bukan berarti tidak ada solusi untuk mengatasi permasalahan ini," ungkapnya.  (DJEMMY NAPOLEON/m) 


TAGS:

Berita Terbaru