Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Konawe Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perindagkoptamben Tindaklanjuti Riam Beguruh Sebagai Sarana PLTA

  • Oleh Norhasanah
  • 29 April 2016 - 19:50 WIB

BORNEONEWS, Sukamara ' Keberadaan air terjun di Desa Semantuan, Kecamatan Balai Riam, Kabupaten Sukamara yang akan dijadikan sebagai sarana Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) untuk memenuhi kebutuhan listik  masyarakat sekitar akan ditindaklanjuti Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Pertambangan dan Energi (Perindagkoptamben) Sukamara.

Kepala Dinas Perindagkoptamben Sukamara, Harapan Wahai mengatakan, pihaknya sebelumnya telah melakukan survei kelayakan terhadap air terjun Riam Beguruh di Desa Semantuan.

'Kita sudah pernah lakukan survei dengan pihak terkait untuk mengetahui kelayakan air terjun yang ada di Desa Semantuan apakah bisa dijadikan sebagai sarana PLTA,' kata Harapan Wahai, Jumat (29/04/2016).

Menurutnya, keberadaan Riam Baguruh untuk dijadikan sebagai sumber energi PLTA memang harus memenuhi kelayakan.

'Airnya itu tidak pernah kering meskipun musim panas, dan arusnyapun masih tetap deras,' tuturnya.

Untuk merealisasikan kegiatan yakni pemanfaatan air terjun sebagai sumber energi PLTA, maka pihak Dinas Perindagkoptamben Sukamara akan mengusulkan anggaran dalam APBD Perubahan 2016, baik untuk pengadaan sarana maupun untuk mendukung kegiatan kerja bidang terkait.

'Dalam APBD Perubahan nanti akan kami masukan usulan untuk anggaran pengadaan mikro hidro dan juga untuk kegiatan kertas kerja bidang yang akan melakukan kegiatan,' ujar Harapan Wahai. (MG-13/m)

Berita Terbaru