Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Sarankan Pemda Terus Monitor Perkembangan Kasus 'Eris' di Kalteng

  • Oleh Donny Damara
  • 14 Desember 2023 - 12:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota Komisi III DPRD Kalteng, Sri Neni Trianawati menyarankan kepada pemda untuk dapat terus memonitor perkembangan kasus SARS-CoV-2 variant EG.5.1 atau dikenal sebagai Eris.

"Pemda perlu terus memonitor perkembangan kasus dilapangan. Kalau ada kasus atau terjadi peningkatan supaya segera dilakukan langkah cepat, jangan sampai menjadi Pandemi," ucapnya, Kamis, 14 Desember 2023.

Dia mengatakan, mengenai pengawasan pada pintu masuk antardaerah, khususnya di bandara atau pelabuhan juga perlu adanya evaluasi kembali.

"Perlu juga tetap dilakukan pengawasan di pintu masuk yang penting tidak sampai menggangu aktivitas masyarakat yang pergi atau datang," tambahnya.

Selain itu, berkenaan dengan perlu tidaknya vaksin massal, hal tersebut perlu di pertimbangkan dengan terlebih dulu melihat perkembangan kasus yang ada.

"Kuncinya dinas terkait harus terus memonitor perkembangan varian baru ini. Kita berharap masyarakat Kalteng aman dari penyakit tersebut," ujarnya.

Di sisi lain, ia berharap agar masyarakat tetap menjaga kesehatan atau imun tubuh dengan menerapkan pola hidup yang sehat.

"Kita berdoa saja agar Kalteng tidak sampai terjadi pandemi Eris, seperti Covid 19. Strategi atau upaya pencegahan memang harus dilakukan secara dini," tuturnya.

Seperti di ketahui bahwa SARS-CoV-2 varian EG.5.1, yang terjadi di beberapa negara membuat resah pemerintah dan juga masyarakat.

Keresahan atau ketakutan terjadap virus tersebut sangat wajar, karena banyak masyarakat yang juga trauma atas kejadian pandemi Covid-19 yang terjadi dalam 2 tahun lalu dan banyak yang telah meninggal dunia.

Berita Terbaru