Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kadinkes Kalteng Sebut Status Covid-19 saat Ini Masuk Dalam Penyakit Endemik

  • Oleh Donny Damara
  • 15 Desember 2023 - 14:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kalteng, Suyuti Syamsul menyebut saat ini status Covid-19 masuk dalam golongan penyakit endemik, sama dengan penyakit lainnya.

Covid-19 akan ada di tengah-tengah masyarakat dan sesekali akan terjadi out break atau kejadian luas biasa (KLB) misalnya seperti diare, DBD, Kusta dan lain sebagainya yang tergolong penyakit endemik.

"Sebagai penyakit endemik maka perlakuannya sama dengan yang lain. Dari sekian banyak penyakit endemik 18 diantaranya termasuk Covid-19 sewaktu-waktu bisa menjadi KLB," ucapnya, Jumat, 15 Desember 2023.

Ia menjelaskan, KLB akan ditetapkan ketika penyebaran penyakit tersebut mewabah dan pastinya memenuhi syarat penetapan KLB. Mengenai Covid-19 untuk saat ini belum bisa ditetapkan KLB.

"Karena penyebarannya sudah melandai dan yang terkonfirmasi pun sedikit. Artinya karena ada satu pasien Covid-19 yang dirawat bukan berarti terjadi KLB. Terkait perawatan pun perlakuannya sama seperti pasien lainnya," jelasnya.


Di sisi lain, mengingat pasien menderita penyakit infeksi menular misalnya Covid-19, maka harus dirawat di ruang isolasi, dan Dinkes Kalteng sendiri sudah mengingatkan kepada seluruh faskes untuk waspada dan menyiapkan ruangan isolasi untuk antisipasi.

"Kita juga bersama pihak terkait lainnya selalu memantau penyakit yang berpotensi KLB atau wabah melalui sistem sewaspadaan dini, dan periode waktu evaluasi yakni setiap minggu. Ini tidak hanya berkaitan dengan Covid-19 saja tapi juga penyakit lainnya," tutupnya. (DONNY D/Y)

Berita Terbaru