Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Penempatan ASN Harus Sesuai Bidang Keahlian

  • Oleh Donny Damara
  • 18 Desember 2023 - 16:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Banyaknya aparatur sipil negara (ASN) yang ada dipemerintahan tidak menduduki posisi sesuai dengan bidangnya kerap kali menjadi permasalahan tersendiri terhadap jalannya roda birokrasi.

Ketua Komisi I DPRD Kalteng, Yohannes Freddy Ering mengatakan penempatan posisi ASN harus sesuai bidang keahlian yang dimililki, dengan begitu maka roda birokrasi akan berjalan baik dan maksimal, sehingga hal ini patut menjadi perhatian bersama.

"Menempatkan ASN sesuai pada bidang keahliannya tentu menjadi salah satu aspek penting yang harus diperhatikan untuk mengoptimalisasi kinerja pemerintah agar bisa berjalan semakin baik dan maksimal," ucapnya, Senin, 18 Desember 2023.

Ia menyebut, untuk di Kalteng sendiri hal ini harus bisa diimplementasikan dan tentu diperlukan sebuah aturan pasti yakni berupa perda atau pergub yang mengatur penempatan pegawai pemerintahan sesuai dengan kompetensi atau bidang keahliannya.

Menurutnya, Kalteng harus dapat mencontohkan provinsi lain yang sudah menerapkan hal itu seperti salah satu contohnya yakni Provinsi Bali. Daerah tersebut sudah memiliki perda atau pergub yang mengatur penempatan ASN sesuai keahliannya.

"Kami rasa ini sangat bagus guna mencipatkan birokrasi yang baik dan optimalisasi dalam setiap layanan yang ada. Saya rasa Kalteng bisa mengimplementasikan hal itu, dan kita mendorong adanya kerja sama legislatif dan eksekutif untuk menerapkannya," tukasnya. (DONNY D/j)

Berita Terbaru