Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lamongan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Atasi Kerawanan Pemilu dan Pilkada 2024, Sajian Informasi Valid Dibutuhkan

  • Oleh Marini
  • 24 Desember 2023 - 22:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Kalteng bersama ITS NU Kalimantan bersama-sama membuat aplikasi Informasi Ketahanan Ekonomi, Kerawanan Sosial dan Sistem Informasi Hitung Pemilu-Pilkada 2024.

Hal itu bertujuan untuk mengatasi kerawanan informasi Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024 terutama di Kalteng.

Dengan adanya aplikasi tersebut maka diharapkan menghasilkan data-data yang valid dan terverifikasi. Terutama mengenai informasi pemerintahan dan sajian demokrasi.

"Dan mampu mengurangi bias kebijakan yang diambil oleh pemerintah, dalam rangka pelaksanaan kegiatan pembangunan demi terwujudnya Kalteng Makin BERKAH," ujar Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Kalteng Katma F Dirun, Minggu, 24 Desember 2023.

Sementara itu, dari sisi Kepolisian melalui Kabid Humas Polda Kalteng Komisaris Besar Polisi Erlan Munaji mengungkapkan bahwa pihaknya telah melaksanakan pelatihan peningkatan bidang kehumasan dan komunikasi digital.

"Untuk mengawal dan mengamankan tahapan Pemilu terutama dalam memberikan informasi yang akurat, transparan dan mendukung proses demokrasi yang berjalan lancar," tutur Erlan.

Kemudian, hal tersebut ditambahkan oleh Ketua Bawaslu Kalteng Satriadi mengutarakan peran dan fungsi kehumasan baik itu lembaga pemerintahan dan Kepolisian dalam mengawal pemilu dapat menciptakan tahapan Pemilu bahkan Pilkada yang kondusif dan dinamis.

"Peran media dalam menangkal hoaks, guna mendukung terciptanya pesta demokrasi yang tetap kondusif," tandasnya. (MARINI/j)

Berita Terbaru