Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tabanan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kelembagaan Kuat dan Sinergi Jadi Kunci Jaga Kearifan Lokal

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 29 Desember 2023 - 06:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kalimantan Tengah (Kalteng) Agustiar Sabran mengatakan, kuatnya kelembagaan adat dan sinergi jadi kunci dalam menjaga kearifan lokal.

 “Kelembagaan yang kuat dan sinergi antar-lembaga menjadi kunci dalam menjaga dan mempertahankan kearifan lokal,” ungkapnya saat Rapat Koordinasi (Rakor) Kelembagaan Adat Dayak se-Kalteng di Ballroom Hotel Aquarius, Palangka Raya, Kamis, 28 Desember 2023.

Menurut Agustiar kearifan lokal adalah fundamental dan melekat pada suatu daerah dan masyarakatnya. Namun, tanpa kelembagaan yang kuat, kearifan lokal dapat terkikis oleh pengaruh global yang semakin menguat.

“Oleh karena itu, sinergitas antar-lembaga seperti yang ada pada DAD Kalteng sangatlah penting untuk menguatkan kelembagaan dan menjaga kearifan lokal,” tegasnya.

Ia menyampaikan kelembagaan tradisional seperti Dewan Adat Dayak (DAD) Kalteng seringkali dilupakan oleh pemerintah dan masyarakat umum. Padahal, lembaga ini memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga dan melestarikan kearifan lokal.

Agustiar menilai agar kelembagaan dapat berfungsi dengan baik, semua pihak harus saling memahami, menghargai, dan memperkuat satu sama lain.

“Sinergitas antar-lembaga bisa dilakukan dengan cara membentuk jaringan dan memaksimalkan peran dari kelembagaan yang ada,” jelas Agustiar. (HERMAWAN DP/H)

Berita Terbaru