Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Blitar Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kepala Desa di Barito Selatan Terima Dana Desa Tahap Pertama

  • Oleh Uriutu
  • 05 Mei 2016 - 15:00 WIB

BORNEONEWS, Barito Selatan - Para kepala desa (kades) di Barito Selatan (Barsel) menerima pencairan Dana Desa (DD) tahap pertama 2016.

Bupati Barito Selatan HM Farid Yusran mengatakan, total jumlah Dana Desa yang yang diterima seluruh kades se-Barsel senilai Rp32 miliar. Ia berharap Dana Desa ini dapat dikelola oleh desa dengan sebaik-baiknya.

Apalagi, lanjut dia, sebelumnya Alokasi Dana Desa (ADD) telah diserahkan kepada seluruh kades beberapa waktu lalu. Dalam pengelolaannya, baik ADD maupun DD, wajib menggunakan manajemen dan perencanaan matang.

'Dengan begitu dalam pelaksanaannya bisa dipertanggungjawaban secara efektif, efisien serta transfaran,' kata Farid Yusran kepada Borneonews usai menyerahkan secara simbolis DD kepada Kades di Jaro Pirarahan Buntok. Rabu (4/5/2016).

Ia menegaskan, dalam pengelolaan ADD dan DD, semuanya harus dapat dipertanggungjawabkan, karena penggunannanya harus tepat sasaran. 

Kepada masyarakat diminta untuk turut mengawasi penggunaannya, namun harus selalu mengedepankan prasangka baik atau positif. Jangan sedikit-sedikit main lapor polisi atau kejaksaan.

'Kecuali jika benar-benar penggunaannya tidak sesuai atau tidak tepat sasaran,' tandasnya.

Sementara Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Barsel Eka Surya Thano mengatakan, DD tahap pertama 2016 ini senilai Rp32 miliar lebih atau 60%.

Sesuai mekanisme dalam penggunaan DD itu, 70 persen digunakan untuk infrastruktur dan 30 persen untuk pemerintahan. (URIUTU DJAPER/m)

Berita Terbaru