Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Satpol PP Palangka Raya Dirikan Pos Pengawasan di Kawasan Pendidikan

  • Oleh Hendri
  • 09 Januari 2024 - 12:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Palangka Raya telah mendirikan pos pengawasan di kawasan pendidikan sebagai bagian dari program "TEKaD Satpol PP Mewujudkan Satpol PP KERen".

Program ini untuk meningkatkan kinerja dan kualitas pelayanan Satpol PP dalam mengawal dan menegakkan peraturan daerah (Perda) dan peraturan wali kota (Perwali) yang berkaitan dengan ketentraman dan ketertiban umum (Trantibum).

Kasatpol PP Palangka Raya, Berlianto, mengatakan, pos pengawasan ini akan berfungsi sebagai pusat koordinasi, monitoring dan evaluasi di kawasan pendidikan, khususnya dalam hal pencegahan dan penanganan pelanggaran peraturan.

"Pos pengawasan ini juga akan menjadi tempat bagi masyarakat, khususnya pelajar, untuk mendapatkan informasi, edukasi dan sosialisasi tentang Perda dan Perwali yang berlaku, serta hak dan kewajiban mereka sebagai warga kota," katanya, Selasa, 9 Januari 2024.

Berlianto menjelaskan bahwa program "TEKaD Satpol PP Mewujudkan Satpol PP KERen" merupakan singkatan dari Tim Efektif Kawal Peraturan Daerah dan Kolaboratif, Edukatif, Responsif dan Preventif.

Tim Efektif Kawal Peraturan Daerah adalah tim yang bertugas untuk mengusulkan SK Wali Kota tentang Forum Kemitraan Stakeholder (Forkes) yang berisi OPD pengampu Perda dan Perkada sebagaimana tugas Satpol PP dalam turunan Perwali Nomor 8 Tahun 2019 Pasal 2 ayat 2.

Sementara itu, kata "Keren" merupakan kepanjangan dari Kolaboratif, Edukatif, Responsif dan Preventif, yang merupakan empat prinsip yang menjadi landasan kerja Satpol PP dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Kolaboratif artinya Satpol PP akan bekerjasama dengan stakeholder terkait, seperti Pemko, DPRD, TNI, Polri, Kejaksaan, Pengadilan, LSM, Ormas, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat Media, dan lainnya, dalam mengawal dan menegakkan Perda," paparnya.

Salah satu program unggulan yang dilaksanakan Satpol PP dalam rangka penerapan prinsip preventif adalah menunjuk duta pelajar Trantibum, yang merupakan pelajar berprestasi dan berintegritas yang akan menjadi contoh dan teladan bagi teman-temannya dalam hal penegakan Perda.

"Duta pelajar Trantibum ini akan menjadi mitra kami dalam melakukan sosialisasi dan edukasi tentang Perda kepada pelajar lainnya, serta menjadi agen perubahan dalam menciptakan kawasan pendidikan yang aman, nyaman dan kondusif," jelas Berlianto.

Dia berharap dengan adanya program "TEKaD Satpol PP Mewujudkan Satpol PP KERen" ini, Satpol PP dapat meningkatkan kinerja dan kualitas pelayanan kepada masyarakat, serta mendapatkan dukungan dari semua pihak. (HENDRI/j)

Berita Terbaru