Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Toba Samosir Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Barito Timur Adakan Penandatanganan Pakta Integritas bagi Semua Kepala Perangkat Daerah

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 17 Januari 2024 - 17:50 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Pemkab Barito Timur mengadakan penandatanganan pakta integritas terkait pengelolaan kegiatan, program dan anggaran tahun 2024 yang diikuti oleh seluruh kepala dinas/badan dan camat di Ruang Rapat Bupati Barito Timur, Rabu, 17 Januari 2024.

Rapat penandatanganan pakta integritas itu dipimpin langsung oleh Pejabat (Pj) Bupati Barito Timur Indra didampingi Asisten II Sekda Amrullah dan Inspektur Josmar L Banjar Nahor.

Saat memberikan keterangan kepada wartawan, Pj Bupati menegaskan bahwa penandatanganan pakta integritas merupakan bentuk penegasan komitmen bersama jajaran Pemkab Barito Timur.

"Karena kebijakan anggaran semua telah ditetapkan oleh peraturan daerah, artinya kalau sudah dijadikan peraturan daerah harus kita laksanakan dan kita patuhi, kemudian peraturan daerah ini tidak boleh kita langgar," katanya.

"Oleh karena itu masing-masing OPD (perangkat daerah) saya minta hari ini untuk menandatangani pakta integritas tentang program, kegiatan dan anggaran sepanjang tahun 2024," lanjut Indra Gunawan.


Penandatanganan pakta integritas itu, tambah Kepala Daerah, juga meliputi komitmen bersama penyampaian Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara atau LHKPN kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Dari beberapa minggu kemarin ini yang sudah saya tekankan dan buat edaran kepada kepala OPD, alhamdulillah sudah 77 persen dari 226 wajib lapor LHKPN yang sudah menyampaikan laporan," ungkapnya.

Indra Gunawan mengatakan, jika pimpinan memiliki komitmen yang baik maka hal tersebut akan diikuti oleh orang-orang di bawahnya.

"Ini sampai desa juga, (saat ini) dari 100 desa hanya sekitar 25 yang belum karena mungkin (mereka mengalami) keterbatasan internet, komputer atau IT jadi wajarlah karena batas waktu laporan LHKPN masih bulan Maret. Tapi saya mau bulan Januari-Februari ini sudah kelar, itu juga menjadi komitmen bersama dalam melaporkan kekayaan kepada KPK," paparnya.

Pj Bupati berharap dengan penandatangan integritas, ranking daya saing Pemkab Barito Timur meningkat seperti dalam hal keterbukaan informasi publik.

"Kita harus berani membuka kepada masyarakat anggaran di setiap dinas supaya masyarakat tidak mempunyai persepsi yang berbeda-beda terhadap pemerintah daerah terkait dengan pengelolaan program dan anggaran. Jadi kita bersaing dengan kabupaten lain bisa mendapat rangking lah," katanya memberi motivasi.

Selanjutnya Indra Gunawan juga berharap terjadi peningkatan dalam indeks pengelolaan keuangan daerah   dari perencanaan sampai pelaksanaan.

"Selama ini di sini ada gap (jarak/selisih), yang direncanakan misalnya Rp1,5 triliun tapi ternyata APBD kita cuma Rp1,2 triliun. Jadi ada Rp0,3 triliun tidak bisa kita programkan atau laksanakan. Kalau kita sudah bisa bersaing dengan kabupaten/kota lainnya tentu kita punya rasa percaya diri dalam melaksanakan program-program dan kegiatan yang ada di APBD," tandasnya. (BOLE MALO/Y) 

Berita Terbaru