Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Batanghari Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kuota Jamaah Haji Kotim Meningkat

  • Oleh Rafiuddin
  • 09 Mei 2016 - 18:40 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kuota jamaah haji untuk Kabupaten Kotawaringin Timur pada 2016 ini mengalami peningkatan dibandingkan pada 2015 yang hanya 129 orang.

'Alhamdulillah kuota jamaah haji kita tahun ini 147 orang, tahun sebelumnya Cuma 129 orang,' ungkap Kepala Kantor Kementerian Agama Sampit, Samsudin, Senin (9/5/2016).

Dengan sudah diumumkannya kuota Jemaah haji Kotim itu, para calon Jemaah hajio tinggal melunasi ongkos pemberangkatan haji. Meski begitu dia mengaku belum ditentukan juga waktu pelunasan tersebut.

'Untuk penentuan pelunasan belum ditentukan, tapi jumlah pembayarannya sudah kita ketahui mencapai Rp37 juta lebih, untuk embarkasi Banjarmasin,' katanya.

Kementerian Agama sudah menyampaikan informasi tersebut kepada calon haji yang masuk daftar pemberangkatan tahun ini. Saat ini para calon haji mulai mengurus administrasi pembuatan paspor dan keperluan lainnya.

Seperti kabupaten lainnya, Kotim masih menggunakan kuota yang ditetapkan untuk Provinsi Kalimantan Tengah. Namun Samsudin berharap kuota haji untuk daerah ini terus meningkat mengingat animo umat untuk menunaikan rukun Islam ke lima ini sangat besar.

Informasi yang diterimanya, pemerintah Arab Saudi berencana menambah sekitar 3.000 kursi kuota haji. Dia berharap rencana ini terlaksana dan Kotim mendapat prioritas penambahan kuota karena daftar tunggu calon haji di daerah ini sudah sangat banyak.

Saat ini jumlah daftar tunggu haji di Kotim sudah mencapai 2.324 dan dipastikan terus bertambah. Jika kuota haji daerah ini tidak mengalami peningkatan secara signifikan, diperkirakan semua calon haji tersebut baru habis diberangkatkan ke Tanah Suci hingga 20 tahun yang akan datang.

'Usia para calon haji tersebut umumnya sudah lanjut, bahkan 85 tahun lebih. Mudah-mudahan ada prioritas usia seperti tahun kemarin. Animo masyarakat mendaftar haji masih tinggi meski daftar tunggu panjang,' jelasnya.

Samsudin mengaku masih menunggu informasi kepastian jadwal pemberangkatan jamaah calon haji asal Kotim. Namun dia mengimbau seluruh calon haji untuk segera mempersiapkan diri agar nantinya tidak terjadi masalah. (RAFIUDIN/m)

Berita Terbaru